Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menyibak Peran STKIP Rokania dalam Menyokong Pendidikan Bangsa Oleh : Rita Arianti

Menyibak Peran STKIP Rokania dalam Menyokong Pendidikan Bangsa

Oleh : Rita Arianti


Sekolah  Tinggi  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan Rokania  (STKIP Rokania)  merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di bawah  Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Kementerian Pendidian dan Kebudayaan RI  yang berkedudukan di  Jalan Raya Pasir Pengaraian,  KM 15 Langkitin Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau. STKIP Rokania diselenggarakan  oleh Yayasan  Rokan  Riau  Raya  yang didirikan  dengan  Akta Notaris Nomor 09 tanggal 10 Januari 2011 .Ijin Operasional STKIP Rokania ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 592/E/O/2014 tentang Ijin Pendirian STKIP  Rokania  pada  tanggal  17  Oktober  2014.  STKIP  Rokania  mempunyai empat program studi Jenjang S1 yaitu: (1).Pendidikan Guru Sekolah Dasar  (PGSD), ( 2). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), (3) Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), dan (4) Pendidikan Teknologi Informasi (PTI). 

STKIP Rokania telah beroperasional selama 6 tahun dalam mendidik putra-putri bangsa. STKIP Rokania juga telah mengalami perkembangan pesat dari segi SDM (sumber daya manusia) dan SDA (sumber daya alam) dalam perannya menyokong kemajuan pendidikan bangsa pada 6 tahun terakhir. Kampus ini telah mewisuda 2 angkatan mahasiswa dari 3 prodi yang ada di STKIP Rokania yaitu prodi PBSI, PGSD, dan PJKR.  Lulusan STKIP Rokania telah banyak bekerja di berbagai lembaga negeri maupun swasta dan sekolah-sekolah di Kabupaten Rokan Hulu maupun di luar Rokan Hulu. Hal ini membuktikan bahwa STKIP Rokania memiliki kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat  sehingga alumninya diserap dan dibutuhkan di dunia kerja.

STKIP Rokania diketuai oleh seorang figur yang memiliki jiwa motivatif dan inspiratif serta punya semangat juang yang tinggi yaitu Dr. Desmelati, M.Sc. STKIP Rokania mengalami perkembangan yang sangat pesat di bawah kepemimpinan beliau. Perkembangan yang sangat pesat terjadi pada sarana dan prasana yang mendukung proses perkuliahan. STKIP Rokania telah memiliki laboratorium Microteaching  dan laboratorium Komputer yang lengkap. STKIP Rokania juga menyediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswa baru maupun lama yang kuliah di kampus ini. Beasiswa yang diberikan diantaranya  KIP (Kartu Indonesia Pintar), BKR (Beasiswa Khusus Rokania), SP3UD (Sistem Penjaringan Putera-Puteri Unggul Daerah), SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) UKT,  dan sebagainya. Beasiswa ini bertujuan untuk membantu dan memotivasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan sekaligus menyelesaikan studinya dengan lancar dari segi keuangan sampai mereka memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Ketua STKIP Rokania selalu mengeluarkan program-program baru berupa pemberian beasiswa dari kampus untuk meningkatkan animo/minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya ke jenjang perguruan tinggi. Beasiswa ini telah diperoleh  oleh alumni dan mahasiswa yang kuliah di kampus STKIP Rokania.  Telah ada beberapa alumni angkatan 2015 yang menjadi sarjana dengan program beasiswa penuh dengan motto “ 0 rupiah anda sarjana” yang dicanangkan oleh ketua STKIP Rokania. Ketua STKIP Rokania sangat menyokong kemajuan pendidikan bangsa khususnya di Kabupaten Rokan Hulu umumnya di Provinsi Riau karena beliau adalah pemerhati pendidikan.

Peran STKIP Rokania tidak diragukan lagi dalam mensukseskan program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa. STKIP Rokania melalui mottonya “Menata Kehidupan untuk Masa Depan” telah mampu melahirkan generasi yang bermartabat, berilmu, mandiri, dan cendikia untuk menata kehidupannya menjadi lebih baik.  STKIP Rokania memiliki program studi yang telah terakreditasi yaitu : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Teakreditasi B, SK  Nomor: 7162/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Terakreditasi  B, SK Nomor: 6593/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Teakreditasi Baik, SK Nomor: 1541/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017, dan Pendidikan Teknologi Informasi (Teakreditasi SK, Nomor:745/KPT/I/2019). STKIP Rokania selalu memotivasi siswa-siswa SMA, SMK, dan MA baik Negeri maupun Swasta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi agar mampu menata kehidupan untuk masa depan. Pendaftaran mahasiswa tidak saja bisa dilakukan secara langsung ke STKIP Rokania tetapi bisa dilakukan secara online melalui https://pmb.rokania.ac.id. Link ini akan mempermudah mahasiswa baru untuk mendaftar di STKIP Rokania. STKIP Rokania selalu berupaya menggalakkan dan menekankan arti pentingnya pendidikan kepada generasi muda Indonesia. Sesuai dengan visi STKIP Rokania “Mewujudkan STKIP Rokania yang terbaik menghasilkan tenaga pendidik yang siap pakai dan unggul di Indonesia dalam Pengembangan bidang IPTEKS Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun 2030". Dalam mencapai visi ini maka perlu dukungan dari seluruh civitas akademika dan  semua elemen masyarakat terutama orang tua dalam memotivasi putra-putrinya akan pentingnya pendidikan.

Pendidikan adalah proses  belajar dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan memperbaiki kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan pendidikan bukan saja untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah menyelesaikan pendidikan tetapi juga menambah pengalaman, merobah pola pikir, dan menambah relasi untuk bekerja sama di lingkungan masyarakat. Orang yang sukses belum tentu orang yang pintar tetapi bisa jadi orang yang selalu bersungguh-sungguh dalam mencapai impiannya. Hal ini tentu diwujudkan melalui pendidikan. Mari kita lanjutkan pendidikan agar bisa menata kehidupan di masa depan.

Penulis : Rita Arianti












Posting Komentar untuk "Menyibak Peran STKIP Rokania dalam Menyokong Pendidikan Bangsa Oleh : Rita Arianti"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.