Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

 Kegiatan Penandatanganan MOU pendampingan Literasi antara Lenggok Media Production dengan Yayasan Alfarabi Tiga-tiga

 

Lenggok Media.com (3/10)  Pendampingan gerakan literasi sekolah memang penting dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca dan menulis.  Untuk itu Lenggok Media Production (LMP) hadir untuk menjalin kerjasama untuk meningkatkan kegiatan literasi di Rokan Hulu.  Beberapa sekolah  sudah berbincang hal ini dengan Lenggok Media, salah satunya adalah  Yayasan Alfarabi Tiga-tiga yang menaungi sekolah PAUD & SDIT BINTANG 33 yang beralamat di Jalan Pepaya RT 001/002 Ujungbatu Timur, Rokan Hulu, Riau. 

      Minggu, 3 Oktober 2021 Kepala Sekolah PAUD & SDIT Bintang 33 Ujungbatu menandatangi Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Lenggok Media, Ketua  Lenggok Media Nur Atika, S. Hum di dampingi sekretaris umum Arnita Adam turut memberikan motivasi dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan di sekolah SDIT Bintang 33. 

(Gambar : PAUD, SDIT Bintang 33 Ujungbatu by Khafid Khafid) 

  Menurut Wikipedia literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

  Begitu pentingnya kegiatan literasi, sehingga ayat pertama yang diturunkan Allah SWT  dalam Qur’an untuk umat Islam adalah perintah membaca, merenungi, mengkaji, menganalisis dan menghayati ciptaan tuhan sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 yang Artinya “Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang  menciptakan.  Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.  Bacalah dan tuhanmulah yang maha mulia.  Yang mengajar manusia dengan pena.  Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya”  (QS. Al-‘Alaq: 1-5)

    Kegiatan penandatanganan MOU ini adalah sebagai awal kegiatan kerjasama literasi bersama PAUD & SDIT Bintang 33 dan selanjutnya untuk kegiatan teknis literasi akan ditindaklanjuti dari Lenggok Media oleh Coach Reni Juniarti, S. Pd. M. Pd.

    Mike Martaleta, S.Sos, Pembina Yayasan Alfarabi Tiga-tiga mengatakan “Kegiatan pendampingan Literasi ini tentu kami sangat senang sekali, ibarat kami punya perencanaan dari awal, visi, misi yang berhubungan dengan kegiatan literasi  kemudian dengan adanya Lenggok Media yang bersedia bekerjasama dengan sekolah ini, bahkan goal-goal yang akan kita targetkan, bismillah,  juga bagus, harapannya nanti kedepannya lebih baik lagi mewujudkan literasi di lembaga pendidikan ini” paparnya.

( Gambar : Ketua Lenggok Media dan Pembina Yayasan Alfarabi Tiga-tiga, berjabat tangan setelah penandatanganan MOU) 



Penulis : Arnita Adam

(Novelis, Jurnalis dan Traveller)

Posting Komentar untuk "GLS (Gerakan Literasi Sekolah)"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke dengan subjek sesuai nama rubrik ke https://wa.me/+6282388859812 klik untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.