Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KLINIK UMKM SN

KLINIK UMKM SN

(Foto:  Kegiatan di Klinik UMKM SN beberapa waktu yang lalu)

    Latar belakang lahirnya Klinik UMKM SN ini adalah hasil dari pengamatan Ardi Masti terhadap masih banyaknya para pelaku UMKM "terbiarkan" dan tidak mendapat pendampingan maksimal. Mereka cenderung menelan sendiri persoalannya dan tidak tahu kemana akan memuntahkan permasalahan yang dihadapi. 

(Foto : Para pelaku UMKM saling berbagi keluh-kesah)

 Kelompok yang awal terbentuknya di belakang Konter Pulsa WAFI CELL Durian Sebatang, Ujungbatu - Rokan Hulu ini memiliki tujuan, yaitu menghadirkan wadah atau tempat menghimpun sumber daya melalui jaringan yang terus dibangun agar nanti dapat menjadi pusat pembinaan UMKM. Kegiatan yang berawal dari tempat berkumpulnya teman-teman penjual pulsa, tempat diskusi dan ngopi, juga tempat pelatihan bagi para agen pulsa baru, lalu anggota ngopi yang sering dinamakan "Jama'ah ngopi" semakin banyak yang terhimpun bahkan mulai bergabungnya beberapa pelaku UMKM bidang usaha lain pada "wirid-wirid wirausaha" di posko SN, karna Posko SN tersebut sering dipakai untuk berdiskusi seputar dunia UMKM dan juga sebagai tempat konsultasi dari berbagai pelaku usaha terkait persoalan-persoalan yang dihadapi, mulai persoalan modal, SDM, manajemen keuangan, sistem kerja dan sebagainya. Maka datang lah seseorang yang mengusulkan agar posko SN sesuai fungsi yang telah dijalankan diberi nama KLINIK UMKM SN. Tempat "berobat" atau menjaga kesehatan para pelaku UMKM di Rokan Hulu.

(Foto : Anggota ngopi yang dinamakan "Jama'ah ngopi")

     Klinik UMKM SN yang awalnya didirikan oleh Ardi Masti bersama teman-teman komunitas jaringan penjualan pulsa atau outlet seluler yang tergabung di bawah bendera Sakti Network (SN) ini juga memiliki Pojok Baca SN yang terdaftar sebagai salah satu TBM di Rokan Hulu. Selain fungsi Taman Baca, Klinik UMKM SN juga menjalankan fungsinya untuk literasi finansial, inklusi keuangan dan sosial.

(Foto : Disudut ruangan terlihat rak buku untuk kebutuhan literasi anggota UMKN SN)

     Klinik UMKM SN berada di bangunan semi terbuka tepat di belakang kediaman Ardi Masti (Pendiri Komunitas UMKM SN) ini memiliki beberapa fasilitas sederhana untuk mendukung kegiatan dan fungsi Klinik UMKM SN diantaranya studio arsitektur, ruang pertemuan kecil atau tempat duduk diskusi dan ngopi, pojok baca dan meja baca, buku tamu dan petugas piket dari pegiat UMKM SN, dapur mini dilengkapi kompor gas, gelas, piring plus peralatan dapur lainnya, tersedia air putih dan stock kopi serta gula yang digunakan secara gratis oleh pengelola untuk pengunjung. Pengunjung juga bisa membuat sendiri jika tidak ada petugas piket, papan tulis dan spidol, cok kosong untuk Charger hp dan laptop, parkir area, toilet, musholla, tempat cuci piring dan jika mau makanan bisa dipesankan pada pelaku UMKM sekitar Klinik (Pengunjung bayar sendiri).

    Melihat ketersediaan sarana dan prasaran Klinik UMKM SN yang sudah mulai tercukupi maka  dalam waktu dekat Insya Allah akan diadakan acara Grand Opening, tak tangung-tangung pada acara yang direncanakan tepat hari Sabtu ini tanggal 20 November 2021 menghadirkan pembicara dari orang-orang sukses yang sudah berkecimpung mengelola SDM dan SDA. 

(Gambar : Poster Grand Opening Klinik UMKM SN, menghadirkan para tokoh Rokan Hulu)


(Gambar : Poster kegiatan Grand Opening Klinik UMKN SN, Sabtu ini)

   "Tak lupa klinik UMKM SN juga mengundang para pelaku UMKM se-kabupaten Rokan Hulu dengan peserta mencapai 80 orang dan pendaftaran masih dibuka hingga saat ini, pendaftaraan tidak dipungut biaya alias gratis " ucap Ardi Masti pada Lenggokmedia.com beberapa waktu yang lalu. (Ardi&Na)

Posting Komentar untuk "KLINIK UMKM SN"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.