Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rumah Baca Lenggok Gelar Pelatihan Kepemimpinan

(Foto : Narasumber sedang memberikan materi)

Lenggokmedia.com (7/11/2021)  "Pelatihan Kepemimpinan Tentang Konsep Diri pada Pemuda" yang di taja oleh Lenggok Rokan Hulu berlangsung penuh hikmat dan semangat dilaksanakan di Pematang Tebih, Ujung Batu kabupaten Rokan Hulu.  Narasumber yang dihadirkan yaitu bapak Aluwis, S. Pd.,  M. Pd.   Beliau merupakan dosen Universitas Pasir Pengaraian sekaligus merupakan instruktur untuk materi soft kill di berbagai Balai Latihan Kerja (BLK) di Sumatra Barat dan Riau. Turut hadir pula ibu BPD Pematang Tebih, Bapak Pembina dan Pengurus Remaja Mesjid Pematang Tebih, Bapak Lita Warman,. S.H, M.H.  bapak James Sutomo guru Teknik Sepeda Motor SMK Pemdes Ujung Batu, Ketua Karang Taruna Pematang Tebih,  Para ustadzah SD dan PAUD Bintang 33 serta ketua Backpaker Lenggok bapak Ferri yabg membawa anggota nya untuk turut hadir yaitu Fadli, S. Pi dan Rota Bimantara, S.I. Kom. Juga para pemuda dan pemudi di Pematang Tebih Ujung Batu. 

(Foto : Narasumber pada pelatihan kepemimpinan tentang konsep diri pada pemuda, bapak Aluwis, S. Pd., M. Pd)


Konsep diri yang dipaparkan pak Aluwis yakni pandangan seseorang tentang dirinya sendiri yang menyangkut apa yang diketahui dan dirasakan tentang prilakunya, isi pikiran dan perasaannya serta bagaimana perilaku tersebut berpengaruh terhadap orang lain.

Para hadirin sangat antusias dalam mendengarkan materi dari beliau. Terlebih lagi saat diberi latihan dalam pengisian tentang konsep diri. Materi ini sangat cocok sekali di terapkan pada siswa SMP dan SMA sehingga para siswa-siswi ini mampu menemukan jati dirinya sendiri sehingga mudah baginya untuk menentukan sikap bagi kelangsungan hidup dan masa depannya.


(Foto : Para peserta dan narasumber dalam pelatihan tentang konsep diri)


Selanjutnya narasumber memaparkan teori hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yakni kebutuhan manusia tersusun dalam suatu hierarki kebutuhan aktualisasi diri, penghargaan, kasih sayang, rasa aman dan kebutuhan fisiologi.


Pelatihan ini dilaksanakan di Rumah Baca Lenggok di Pematang Tebih kecamatan Ujung Batu kabupaten Rokan Hulu pada tanggal 11 November 2021 dari pukul 08:00 hingga pukul 10:00 wib.  Kegiatan yang diberi nama "Wang Kampuong" ini merupakan salahsatu program di Rumah Baca Lenggok tersebut dan akan diadakan sekali dalam 2 Minggu. Para peserta yang hadir merasa sangat bermanfaat dalam pelatihan ini, banyak ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Ustazah Rita Sentia yaitu salah satu guru dari SD IT Bintang 33 mengatakan “Acara yang dilaksanakan hari ini sangat baik untuk dihadiri, disini kita menemukan teman-teman baru‚ mendapatkan ilmu-ilmu baru dan bermanfaat untuk menata hidup lebih baik,  serta dalam berdiskusi juga sangat aktif dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga komunikasi terjalin dua arah antara narasumber dan peserta”


Setelah mendapat pelatihan tentang konsep diri para peserta semakin percaya diri dalam mengahadapi tantangan dan masa depan.

(Foto : Para peserta pelatihan kepemimpinan tentang konsep diri)



Penulis : Arnita Adam

(Jurnalis, Novelis dan Traveller)



Posting Komentar untuk "Rumah Baca Lenggok Gelar Pelatihan Kepemimpinan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.