Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Air Terjun Kubu Pauh, di Rohul

 Wisata Sederhana Memanjakam Mata
“Air Terjun Kubu Pauh” 
Desa Lubuk Bilang Kec.Rambah Samo, Kab.Rokan Hulu

Oleh, Desi Wulan Dari


(Foto : Salah seorang wisatawan berswafoto dalam derasnya air terjun)

Rokan hulu adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau yang memiliki luas lahan sebesar 7.449 persegi. Sebagian lahan hutan di Rokan Hulu masih terjaga dan asri, terbukti dengan banyaknya objek wisata alam. Salah satunya di desa Lubuk Bilang yang memiliki objek wisata yang sangat menarik, yaitu Air terjun Kubu Pauh yang berada di Rambah Ramo berjarak sekitar 1 jam dari Islamic Center. Air terjun ini tepat nya berada di desa Lubuk Bilang Kec. Rambah Samo, Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau. Air terjun Kubu Pauh, adalah nama yang diberikan oleh masyarakat setempat karena air terjun itu tepat berada di hulu desa Kubu Pauh  sendiri.

Air Terjun Kubu Pauh ini sebenarnya dahulu berawal dari sebuah bendungan yang roboh sehingga membuat air yang terbendung tadi jatuh deras membentuk air terjun, tidak hanya itu di wisata ini kita juga bisa menikmati sensasi menyelam di terowongan karena air yang mengalir di air terjun ini diapit oleh dataran tinggi. Selain itu keunikan dari air terjun ini adalah air yang mengalir sangat deras, jadi untuk para wisatawan yang datang harus berhati-hati untuk berenang di sana, jika sekiranya tidak dapat berenang maka jangan mencoba untuk terjun. Kemudian kita juga dapat menikmati sungai yang begitu lebar berada tepat di hulu air terjun itu dan ada ayunan dari akar-akar pohon yang langsung menyentuh air yang dapat membuat kita betah berlama-lama berada di sana.

Setiap sore para masyarakat di sana akan berdagang di tepian air terjun itu untuk memudahkan para wisatawan mencoba makanan kecil seperti gorengan, mie, dan pop mie saat lapar usai berenang. Untuk masuk ke wisata ini tidak akan menguras kantong para pengunjung karena tarif tiket masuk hanya Rp.5.000,00 saja. Itu hanya untuk parkir sepeda motor, karena belum dikenakan tarif masuk untuk wisata sebab air terjun ini belum diresmikan oleh pihak dinas pariwisata. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari Simpang Sawit menuju Kubu Pauh menggunakan sepeda motor, namun jalan untuk menuju ke wisata ini cukup terjal dan banyak bebatuan untuk menuju ke sana. Namun segala lelah di perjalanan akan lega saat menikmati air terjun tersebut.



Penulis :

Desi Wulan Dari adalah mahasiswa semester V jurusan PBSI di STKIP Rokania dengan dosen pengampu, Asih Ria Ningsih S.S.M.Hum.


Posting Komentar untuk "Wisata Air Terjun Kubu Pauh, di Rohul"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.