Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Wahana Suka Glenmore di Desa Pasir Intan

 Memaksimalkan Potensi Sektor Pariwisata di Desa Pasir Intan Melalui Wahana Suka Glenmore

Oleh; Wigiyanti

(Foto : Danau dengan pemandangan dan suasana yang sejuk)

Pariwisata merupakan usaha yang menjanjikan bagi suatu daerah, namun sebelum itu tentu ada proses yang panjang hingga akhirnya mampu menarik hati para pengunjung. Rokan Hulu merupakan daerah yang banyak menghasilkan tempat-tempat wisata, baik wisata alam maupun wisata buatan. Tempat wisata biasanya menyajikan hamparan lahan yang dihiasi dengan berbagai pemandangan atau bangunan yang menarik, namun ada sebagian tempat wisata yang merupakan tempat alami yang dibuat serta dipercantik hingga menjadi sebuah tempat wisata yang bagus dan menarik.  Salah satu tempat wisata yang ada di Rokan Hulu adalah Wahana Suka Glenmore. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Bangun Purba, tepatnya di Desa Pasir Intan. Untuk sebagian wilayah di Rokan Hulu mungkin tempat wisata ini belum terlalu terkenal, namun di sebagian wilayah lainnya sudah banyak yang berbondong-bondong datang mengunjungi tempat wisata ini. Meski tempat wisata Wahana Suka Glenmore baru dibuka pada awal tahun 2021 namun perkembangannya sudah sangat pesat dan mampu menarik minat para wisatawan dari luar desa. 

(Foto : Pondok tempat diskusi dan istirahat pengunjung)

Wahana Suka Glenmore merupakan tempat wisata yang dikelola sepenuhnya oleh BUMD (Badan Usaha Milik Desa) dan saat ini sedang dalam proses penambahan bangunan pada tempat wisata ini. Selain itu, wisata ini juga memiliki banyak potensi bagi remaja ataupun warga sekitar. Tempat wisata ini memberikan sumber penghasilan tambahan bagi penduduk setempat, karena dalam pembuatannya melibatkan warga asli setempat sebagai buruh pekerjanya. Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan milik desa yang memiliki dua danau. Awalnya pada zaman dahulu Wahana Suka Glenmore merupakan sebuah danau yang tidak terawat bahkan kondisinya memprihatinkan. Namun dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman muncullah inovasi baru yang memberikan inspirasi untuk menjadikan danau tersebut menjadi tempat wisata yang menjanjikan. 


(Foto : Wahana air, perahu bebek dan mobil)

Adapun wahana yang di tawarkan di tempat wisata Wahana Suka Glenmore yaitu ada beberapa perahu bebek, perahu sampan, dan yang terbaru adalah perahu yang berbentuk mobil. Selain itu Wahana Suka Glenmore juga memiliki studio karaoke, kedai kopi, pondok santai, ayunan, dan kolam pemancingan ikan, di tempat wisata ini juga memiliki tempat untuk pembibitan benih ikan dan yang baru-baru ini Wahana Suka Glanmore telah menebarkan sejumlah 5000 benih Ikan Nila. Penebaran bibit ikan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem, mewujudkan ketahanan pangan, menambah asupan gizi, serta menjadi sarana berhibur dan bernilai ekonomis.

Membuka tempat pariwisata bukan hanya memiliki keuntungan bagi pengelolanya namun juga untuk para pengunjungnya. Seperti yang kita tau warga diperdesaan yang jarang menikmati wisata wahana akan lebih banyak tertarik untuk datang merefresing diri. Selain cuci mata mereka juga dapat membawa seluruh keluarga menikmati wahana yang ada di Wahana Suka Glenmore. Tempat wisata juga dapat menambah pendapatan bagi pihak desa, menambah penghasilan warga setempat, dan mengurangi angka pengangguran yang ada di desa tersebut.



Penulis bernama Wigiyanti mahasiswa semester V di STKIP Rokania, Prodi PBSI, asuhan dosen Asih Ria Ningsih S.S., M.Hum.

Posting Komentar untuk "Wisata Wahana Suka Glenmore di Desa Pasir Intan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.