Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Akibat Tidak Jujur dalam Kehidupan

Teks Argumensasi

Akibat Tidak Jujur dalam Kehidupan

Kita mengetahui bahwa kejujuran adalah sebuah sikap apa adanya. Artinya kita sebagai manusia mengakui hal-hal yang terjadi pada diri kita. Kejujuran sebagai kunci keberhasilan kita nantinya. Hidup kita akan terasa lebih nyaman dan damai jika kita dapat jujur dengan orang lain. Walaupun kejujuran banyak manfaatnya tetapi tetap saja kejujuran pada zaman sekarang itu masih sulit kita temukan. Banyak contoh-contoh yang dapat kita ambil pada zaman sekarang.

Sikap tidak jujur itu telah membudi daya dari kalangan bawah sampai kalangan menengah ke atas. Tua muda semua sama saja. Padahal sikap tidak jujur itu banyak mengakibatkan hal negatif. Sebut saja seorang pejabat yang korupsi di dalam pemerintahan akan merugikan masyarakat karena uang yang seharusnya menjadi hak rakyat mereka ambil untuk kepentingan sendiri. Selain itu, kita pasti akan dikejar rasa bersalah, malu, tidak nyaman, dikucilkan orang jika kita tidak jujur dalam kehidupan. Oleh sebab itu sebagai manusia lebih baik kita berperilaku jujur di dalam kehidupan kita karena dengan kejujuran hidup kita lebih bermakna.

Wacana akibat tidak jujur dalam kehidupan memiliki pola penalaran C-G-B-MQ. Penggunaan pola ini dapat dilihat dari struktur wacana yang disusun dengan permulaan proposisi mengenai kejujujuran. Permulaan proposisi ini merupakan elemen C yang disejajarkan dengan ide/gagasan siswa dalam membangun wacana tulis argumentatif. Elemen G ditunjukkan dengan memberikan alasan mengenai pentingnya bersikap jujur. Alasan tersebut juga diperkuat dengan dukungan yang ditunjukkan dengan penampilan contoh-contoh susahnya bersikap jujur. Dukungan ini merupakan elemen B yang dipakai untuk memperkuat posisi dari elemen G. Untuk elemen MQ digunakan sebagai penggambaran kemungkinan orang yang tidak bersikap jujur.


Penulis:

Nama : Widia Meilani
Nim.   : 2103009
Prodi. : PBSI Semester 2





Posting Komentar untuk "Akibat Tidak Jujur dalam Kehidupan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.