Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rohul Pemenang I Lomba Baca Puisi Tingkat Provinsi Riau

Para Juara pada Ajang Lomba Baca Puisi tingkat Guru Se Provinsi Riau 

Balai Bahasa Provinsi Riau dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2022, taja lomba baca puisi bagi guru tahun 2022.  Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2022. Peserta kegiatan ini merupakan guru yang berdomisili di Provinsi Riau, sejak pengumuman disebarkan sebanyak 109 peserta yang mendaftar, tetapi saat penyelenggaraan lomba ada beberapa peserta yang berhalangan untuk tampil. 

(Gambar: Pemenang I ibu Fita Wulan Utami, M. Si.  Guru SMAN 1 Bonai Darussalam, Rokan Hulu,  gambar by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)

Berikut nama-nama pemenang terpilih pada ajang lomba baca puisi bagi guru se Provinsi Riau 

Pemenang I : Fita Wulan Utami, M. Si. (SMAN 1 Bonai Darussalam, Rokan Hulu)

Pemenang II : Elda Suhada, S.Pd.(SMAN 2 Siak Hulu)

Pemenang III  :  Pusvi Devi (SMP IT Muhammadiyah, Pelalawan)

Pemenang IV :  Asep Odang Kurnia, S.Pd. (SMAN 1 Tambusai, Rokan Hulu)

Pemenang V  :  Sutayanti, S. Pd. (SMPN 42 Pekanbaru)

Pemenang VI :  Santri Yuspa (MTs. Al Ittihadiah, Rumbai)

Saat Lenggok Media mengucapkan selamat kepada Fita Wulan Utami, M. Si. beliau mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya yang berhasil keluar sebagai juara I. “Alhamdulillah. Awalnya rasa nggak percaya, soalnya pesertanya lebih dari 100 orang guru se provinsi Riau.  Jadi, lomba ini cukup menegangkan, meskipun niatnya untuk meramaikan sekaligus mewakili kecamatan Bonai Darussalam, Rokan Hulu, Alhamdulillah ada rezkinya menjadi juara,” tutur beliau sambil tersenyum kepada Lenggok Media.

(Gambar: Pemenang II, ibu Elda Suhada, S.Pd. Guru SMAN 2 Siak Hulu. Photo by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)

“Perkenalkan saya Pusvi Devi, saya berasal dari Pelalawan, Riau. Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman pada helat Lomba Semarak Bulan Bahasa yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Riau 2022. Setelah melewati proses yang cukup panjang, Alhamdulillah saya menduduki peringkat III dari jumlah 102 peserta di seluruh guru se-provinsi Riau”

(Gambar:  Pemenang III,  Pusvi Devi, guru SMP IT Muhammadiyah, Pelalawan. Photo by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)

Proses yang tidak mudah dan gampang untuk dilalui. Terutama saat mengikuti lomba, keadaan saya masih demam dan belum cukup pulih. Namun, karena ada tekad, doa dan kemauan sehingga Allah memberi kelancaran. Seperti statement 'There is a process, there is progres'  mungkin statement di atas sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang pemenang lomba Nasional atau pun Internasional,” ucap beliau disela-sela kesibukannya sebagai seorang guru.

“Tapi bagi saya, itu bukan saja kesempatan untuk menjadikannya pengalaman, melainkan kebanggaan, karena masih banyak di luar sana yang belum berkesempatan mendapatkan pengalaman. Dulu, waktu duduk di bangku SD, saya sering mendapatkan ejekan dan hinaan dari teman-teman karena keterbatasan fisik yang saya miliki. Namun, seiring waktu berjalan, saya tumbuh jadi orang pendendam: pendendam untuk membuktikan keterbatasan fisik tak menghalangi jalan untuk berprestasi,” tegas Pusvi Devi.

(Gambar: Pemenang IV  Bapak Asep Odang Kurnia, S.Pd. Guru SMAN 1 Tambusai. Photo by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)

Asep Odang Kurnia, yang juga berasal dari Rokan Hulu keluar sebagai pemenang IV, mengatakan, "luar biasa, banyak yang bagus membacanya. Kualitas di atas rata-rata.  Pokoknya ngak nyangka dapat juara.   Bahkan ini juara lomba yang pertama kali dapat seumur hidup saya yang tampil secara tunggal atau tidak bergabung dalam kelompok.  Pokoknya surprise banget. biasanya ikut lomba tak pernah juara,” ungkap beliau.  Sebagaimana kita mengenali beliau kerap menjadi juara pada lomba drama masal dan lomba grup lainnya dan sudah banyak mengantongi juara dalam rombongan dan grup. Tetapi menjadi juara sendirian punya perasaan keistimewaan yang tidak dapat diluahkan dengan kata-kata.

(Gambar: Pemenang V  ibu Sutayanti, S. Pd. Guru SMPN 42 Pekanbaru. Photo by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)

Para dewan juri pada ajang lomba baca puisi bagi guru ini yakni Jefri Al Malay, Fakhrunnas Ma Jabbar dan Murparsaulian yang  merupakan tokoh-tokoh penggiat literasi di Provinsi Riau, Nasional bahkan Internasional.

(Gambar :  Pemenang VI .  Santri Yuspa. Guru MTs. Al Ittihadiah, Rumbai. Photo by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)

Kegiatan lomba baca puisi bagi guru mendapatkan perhatian dan apresiasi dari masyarakat, khususnya guru-guru di Riau, mereka berharap kegiatan ini menjadi ajang yang selalu diadakan setiap tahun oleh Balai Provinsi Riau.

(Gambar: Peserta dan dewan juri lomba baca puisi bagi guru se Provinsi Riau. Photo by Facebook Balai Bahasa Provinsi Riau)


Penulis: Arnita Adam

(Novelis, Jurnalis dan Traveler)


Editor : Nur Atika

Posting Komentar untuk "Rohul Pemenang I Lomba Baca Puisi Tingkat Provinsi Riau "

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.