Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Uzlah, Mahasiswa PBSI STKIP Rokania, Juara Siaran Radio di Kominfo

Mahasiswa PBSI STKIP Rokania Raih Juara Lomba Siaran Radio

(Uzlah Ilmi Irwan, bahagia menerima hadiah)
 (Uzlah Ilmi Irwan, bahagia menerima hadiah)

Uzlah Ilmi Irwan, mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kampus STKIP Rokania Rokan Hulu, berhasil meraih juara dalam lomba Siaran Radio yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu. Lomba Siaran Radio tersebut diadakan pada tanggal 03 Oktober 2022 lalu. Nama Uzlah Ilmi Irwan, diumumkan sebagai pemenang II oleh Dinas Kominfo Kabupaten Rokan Hulu melalui pihak panitia pada tanggal 12 Oktober 2022.

(Daftar Pemenang Lomba Siaran Radio)

“Sejak dari dulu Uzlah memang suka bicara bahkan membahas hal random pada siapa saja yang baru Uzlah temui. Sampai di suatu momen, Uzlah berpikir lebih baik mengarahkan kebiasaan Uzlah yg suka berbicara ini kepada hal positif. Oleh karena itu Uzlah mulai sering latihan bicara seperti orator, presenter, voice over dan penyiar. Kebetulan kemarin tahu info lomba Siaran Radio di grup PBSI dan agak sedikit relate dengan pekerjaan Uzlah sebagai narator. Akhirnya mencoba peruntungan disana.  Alhamdulillah Allah beri rezeki menang,” ujar Uzlah kepada tim Jurnalis kampus STKIP Rokania, Kamis, 13 Oktober 2022.

(Elfizon Amran. Menyampaikan kriteria penilaian lomba siaran)

Teknik siaran di radio didapat Uzlah sejak menjadi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kampus STKIP Rokania. Mata kuliah yang dipelajari berelevansi secara langsung pada hobbi dan bakat Uzlah dibidang berbicara,  diantaranya Linguistik Umum, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis,  Jurnalistik dan Berita, bahkan Foklor.  

Menurut  Uzlah, selain harus bisa berbicara dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, juga harus bisa memahami budaya daerah Rokan hulu, sesuai dengan materi berita yang dibawakan mengenai informasi lokal yang merupakan ketentuan dari panitia harus dikutip dari laman Website Media Center Rokan Hulu. Berita yang dibacakan Uzlah yaitu https://mediacenter.rokanhulukab.go.id/view/persiapkan-hut-rohul-ke-xxiii-wabup-h-indra-gunawan-buka-rapat-panitia-bersama-forkopimda

Di balik keberhasilannya ia mengungkapkan pengalaman dalam mengikuti perlombaan ini. Uzlah merasakan grogi karena dinilai langsung oleh  penyiar senior Rokan hulu dan Pekanbaru, salahsatunya adalah Elfizon Amran, senior di penyiaran radio Rokan Hulu, pernah bertugas di RRI Pekanbaru, pernah menjabat kepala studio saat awal berdirinya Radio Swara Lima Luhak. Kala itu namanya masih RPD. Tapi dibalik itu semua Uzlah merasa sangat senang dan ingin mencoba siaran lagi sebelum pengumuman.

"Sempat over thinking karena pengumuman juara baru diumumkan H-1 sebelum penyerahan hadiah di kantor bupati. Bersyukur ada dosen dan staf PBSI Rokania terutama Ketua Prodi PBSI, Misra Nofrita, S.S., M.Pd. yang selalu memberikan semangat dan motivasi, 'kalau juara itu urusan belakangan, yang penting berani tampil lebih dulu'," terang Uzlah menirukan perkataan dosennya.

Sesuai dengan tujuan dan manfaat diadakannya event ini, diungkapkan oleh Darmansyah, salahsatu penyiar Radio Swara Lima Luhak sekaligus panitia acara, bahwa dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Rokan Hulu yang ke-23, perlombaan ini akan  menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan bakat dan hobbi mereka dibidang penyiaran dan tarik suara. (Tk)


Posting Komentar untuk "Uzlah, Mahasiswa PBSI STKIP Rokania, Juara Siaran Radio di Kominfo"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.