Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Mengadakan Perhelatan Bulan Bahasa 2022

(Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn)

Pekanbaru. Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia mengadakan perhelatan Bulan Bahasa 2022 yang di laksanakan pada tanggal 28 Oktober 2022 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning.

Bulan Bahasa merupakan program tahunan yang dilaksanakan Prodi Sastra Indonesia, diisi dengan berbagai kegiatan seperti seminar kebahasaan dan perlombaan yaitu baca puisi, cipta puisi, dan mendongeng tingkat SMA se Provinsi Riau serta baca puisi tingkat mahasiswa se UNILAK.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn.  Bulan Bahasa 2022 yang diselenggarakan mengangkat tema Kesantunan Berbahasa untuk Indonesia Tangguh (Fenomena Media Sosial). Tema tersebut berangkat dari sebuah fenomena atau peristiwa sosial dari segi penggunaan bahasa, dalam bermedia sosial, kebebasan ekspresi sangat sulit untuk ditangkal. Oleh karena itu muncul peristiwa bahasa yang 'lepas' atau 'bebas' sehingga lari dari nilai kesantunan tersebut.

Dalam seminar tersebut diisi oleh dua pemateri yaitu Dr. Mohd Fauzi, S.S.,M.Hum (Sekretaris Balai Bahasa Unilak dan Dosen Prodi Sastra Inggris) dan Alvi Puspita, S.Pd.,M.A (Dosen Prodi Sastra Indonesia). Seminar dihadiri oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, guru Bahasa Indonesia, dan siswa/i tingkat SMA se Provinsi Riau.

Mohd. Fauzi mengatakan "saat ini perlu adanya permartabatan Bahasa Indonesia di Ruang Publik. Hal ini menjadi role agar bahasa Indonesia tetap terjaga, dan tidak terlepas juga dari segi etika dalam bertutur atau berkomunikasi," jelas Fauzi dalam sambutannya.

Dilanjutkan Alvi Puspita,"Itulah bahasa ia adanya, bukan sebatas alat berkata. Tetapi bahasa adalah cermin diri dan akal budi". (Ber)



Posting Komentar untuk "Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Mengadakan Perhelatan Bulan Bahasa 2022"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.