Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pojok Baca, Donasi Buku hingga Menulis Puisi dan Cerpen di SD Negeri 004 Rambah Samo

STKIP Rokania Memberi Bimbingan Literasi di SD Negeri 004 Rambah Samo dalam Program Kemitraan Masyarakat "Pengembangan Literasi Melalui Pojok Baca"

Kegiatan pengembangan literasi yang diapresiasi oleh STKIP Rokania Prodi PBSI ini diadakan atas kerjasama antara pihak sekolah dan Kampus STKIP Rokania sebagai objek pengembangan literasinya adalah pojok baca di SD tersebut. Sebelum mengaktulisasikan pojok baca narasumber terlebih dahulu memberikan materi puisi dan cerpen sebagai bahan yang akan ditempelkan di Mading sekolah ataupun kelas. 

Puisi dan Cerpen adalah dua jenis karya sastra yang mudah diterima oleh kalangan anak-anak. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian puisi atau sajak adalah jenis sastra dengan bahasa yang terikat oleh irama, rima, serta susunan bait dan larik. Puisi mampu mengungkapkan emosi maupun pengalaman penulis yang berkesan kemudian dituangkan dengan gaya bahasa yang berima sehingga semakin menarik untuk dibaca.

Selain itu, H.B Jassin, Sumardi juga menjelaskan bahwa puisi sebagai bentuk karya sastra yang singkat namun padat dengan makna kiasan atau imajinatif serta diberi irama bunyi. Ini juga menjadikan suatu puisi memiliki daya pikat tersendiri.

Cerpen atau cerita pendek merupakan prosa fiksi yang menceritakan tentang suatu peristiwa yang dialami oleh tokoh utama. Seperti namanya, cerpen lebih sederhana daripada novel. Cerpen termasuk dalam sastra populer. Karya sastra ini terdiri dari satu inti kejadian yang dikemas dengan cerita yang padat.

Sebagai Kampus satu-satunya di Rokan Hulu yang memiliki Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu Kampus STKIP Rokania, maka dosen-dosennya menjadi pemerhati perkembangan literasi di Rokan Hulu, terutama sekolah-sekolah yang berada di lingkungan kampus.

Salahsatunya adalah SD Negeri 004 Rambah Samo tersebut, hampir 100 siswa diturunkan untuk mengikuti kelas menulis cepat puisi dan cerpen yang terdiri dari kelas 4, 5 dan 6. Hadir juga beberapa mahasiswa PBSI menjadi moderator dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

(Berfoto bersama Kepsek dan siswa/i SD Negeri 004  Tambah Samo)

Kepala SDN 004 Rambah Samo, ibu Darliani, S.Pd mengatakan “Kegiatan ini sangatlah baik sekali karena para dosen STKIP Rokania langsung menyampaikan trik-trik menulis atau cara-cara menulis sangat menarik sehingga anak-anak antusias dengan kegiatan ini. Bahkan ada murid yang menanyakan kapan kegiatan ini lagi dilaksanakan? Selain itu juga para dosen memberikan reward bagi yang terbaik. Kami dari pihak sekolah sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini sehingga anak-anak termotivasi. Semoga ada lagi bimbingan dalam berbentuk lain untuk meningkatkan mutu sekolah” tuturnya.

(Kepsek, Narasumber dan mahasiswa)

Terlihat siswa sangat antusias menulis, ada yang menuliskan mengenai rindu kepada ayahnya, salahsatunya siswa bernama Ahmad membacakan langsung dihadapan seluruh temannya. Ada yang menuliskan puisi tentang teman sebangkunya juga puisi-puisi dengan sudut pandang masalah lainnya, lewat kepiawaian Rita Arianti, M.Pd, selaku narasumber materi menulis puisi hari itu, maka siswa dengan cepat mampu memahami konsep puisi yang selama ini dianggap rumit. Menurut dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kampus STKIP Rokania ini, "Puisi sangat mudah jika kita tahu trik dan metode penulisannya".

(Seorang siswa SD kelas V Ahmad Mustafa Irsyad terlihat sedang membacakan puisi hasil karyanya berjudul 'Ayahku')

Tak kalah menariknya juga ketika materi cerpen disampaikan oleh Nuratika, S.Hum., M.Pd. semua siswa dengan mudah mengerti lalu menerima tantangan menulis sebuah cerpen dengan empat paragraf. Sehingga sangat mengagumkan sekali ketika ada seorang siswa menulis lalu membacakan tulisannya dengan sangat bagus untuk kategori tingkat SD.  

(Salahsatu narasumber memberikan donasi buku)

Setelah semua karya dikumpulkan, maka tulisan yang terbaik akan dipajangkan dipojok baca kelas, kemudian dipenutupan acara pihak kampus melalui kerjasama dengan salahsatu komunitas literasi Roka. hulu yaitu Lenggok Media Production menyerahkan bantuan buku bacaan non fiksi kepada pihak sekolah. 

Penulis:. Arnita Adam

(Novelis, Jurnalis dan Traveller)


Editor: Nur Atika

Posting Komentar untuk "Pojok Baca, Donasi Buku hingga Menulis Puisi dan Cerpen di SD Negeri 004 Rambah Samo"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.