Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Antusias. Guru, Siswa, Ibu PKK dan Masyarakat Ikuti Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi

Sosialisasi Budaya  Baca dan Literasi Pada Satuan Pendidikan Dasar  dan Pendidikan Khusus serta Masyarakat Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

Penyerahan label peserta secara simbolis

Lenggok Media. Com. Pasir Pangaraian (20/5)  Kegiatan Sosialisasi  Budaya Baca dan Literasi  di  Kabupaten Rokan Hulu diadakan di Lobi Perpustakaan dan Badan Arsip Kabupaten Rokan Hulu pada  Senin, 30 Mei 2024.

Kegiatan sosialisasi Budaya Baca dan Literasi diikuti 30 peserta yang terdiri dari Guru, Siswa dan ibu PKK serta masyarakat kabupaten Rokan Hulu.  

Rosalia Mutia ketua Pelaksana kegiatan ini menyampaikan “Tujuan kegiatan sosialisasi Budaya Baca dan Literasi untuk meningkatkan minat baca sehingga budaya membaca menjadi hobi bagi masyarakat”

 Peserta dan Nara Sumber

Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi di buka oleh Plt. Kepala dinas Perpustakaan dan Badan Arsip Kabupaten Rokan Hulu ibu Nelli, S. S dalam hal ini diwakilkan oleh bapak Kabid  Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan,  bapak Sumardi, S. S. M.  S. i.  “Program kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kegiatan program pusat, diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat diimplementasikan di kalangan siswa, guru dan masyarakat”.

Nara Sumber menyampaikan materi

Delviana Fransiska, S. Sos., M. I. Kom. Sebagai nara sumber menjelaskan “Minat baca pada anak tidak langsung muncul begitu saja, melainkan harus melalui tahapan yang cukup panjang dan harus dimulai sejak dini,  membangun minat baca anak sejak dini sangat penting.  Membaca 15 menit memperkaya kosa kata anak hingga 1 juta kata setiap tahunnya,  meningkatkan IQ anak hingga 6 poin.  Peran orang tua juga sangat penting  dengan menyediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, komik, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk bacaan anak.   Membaca buku pada anak juga dapat mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.  Serta dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini”. Kegiatan berlangsung dengan antusias dengan adanya kegiatan tanya jawab antara peserta dan narasumber.  

 
Narasumber beserta para pejabat perpustakaan dan siswa berfoto bersama


Penulis:  Arnita Adam
(Novelis, Jurnalis dan Traveller )
 

Editor:  Nur Atika






Posting Komentar untuk "Antusias. Guru, Siswa, Ibu PKK dan Masyarakat Ikuti Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke dengan subjek sesuai nama rubrik ke https://wa.me/+6282388859812 klik untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.