Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

"Tokoh Pemuda Memaknai Bulan Pahlawan Melalui Kegiatan yang Menginspirasi"

LenggokMedia.com--KPA Suluk adalah kelompok pecinta alam yang berasal dari Rokan Hulu, yang mana kata suluk adalah julukan dari Rokan Hulu itu sendiri, Negeri Seribu Suluk.  Kelompok ini terbentuk pada tanggal 19 Agustus 2018,  dan aktif berkegiatan pada tahun 2020.

KPA Suluk di ketuai Oleh Rahmat M. Nur dan 3 pembina KPA SULUK Pak Maratua Daulay ST, M, Reinaldi Daulay S.IP, dan Hamonangan Daulay ST. Jumlah Anggota KPA Suluk saat ini sebanyak 15 orang. 

Setelah sukses berkegiatan pada September lalu yaitu Aksi Bersih Aek Matua di desa Tangun, kec Bangun Purba yang diikuti oleh penggiat alam  lintas  komunitas Riau-Sumbar yang Peserta nya kurang lebih 100 orang.

Kemudian kembali mengadakan kegiatan yang dinamai dengan SEMERU (Semangat Memberi Ruang) yang  diadakan di desa Sei Bungo kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu provinsi Riau pada tanggal 20-22 November 2020 yang diikuti oleh komunitas Santri alam, Obukadventure, Ujungbatu Reptil Community (Ubarec) dan Pondok Cerdas, yang mana adalah komunitas peduli alam, peduli reptil, dan komunitas yang bergerak di bidang literasi.

Hujan November meluluhlantakkan jalanan desa sebagaimana tiap musimnya. Tapi tidak untuk semangat para relawan yang harus menapaki sarana yang tak memadai tersebut, sama halnya pada kondisi jalan di kebanyakan desa di pelosok negeri ini. Terkhusus Rokan Hulu. 

Tak lupa dengan mengikuti protokol kesehatan kegiatan berjalan dengan baik, rangkaian kegiatanya berupa ceramah agama santri alam setelah mengadakan sholat berjamaah di mesjid bersama masyarakat setempat.

Edukasi mengenai reptil kepada masyarakat bersama Ubarec, dan  juga belajar serta fun games bersama anak desa oleh Pondok Cerdas dan Obukadventure, memainkan permainan tradisional juga mensosialisasikan realisasi budaya membaca.

"Anak-anak desa sangat antusias dalam kegiatan tersebut, karena minimnya metode belajar selain dari belajar di sekolah, buku-buku bacaan yang kami bawa pun ludes di baca oleh adik-adik," imbuh salah seorang dari  komunitas Pondok Cerdas.

Rahmat M Nur, selaku ketua dari penaja kegiatan merasa lebih semangat karena kegiatan terlaksana dengan baik. Begitu juga yang lainnya yang turut dalam kegiatan tersebut.

Penulis: Refniyati



Posting Komentar untuk ""Tokoh Pemuda Memaknai Bulan Pahlawan Melalui Kegiatan yang Menginspirasi""

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.