Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tradisi Budaya Sastra Masyarakat Melayu Rokan Hulu "Cito (Bercerita)"

 

LenggokMedia.com.--Cito adalah salah satu Tradisi Budaya Masyarakat Melayu sastra berbentuk  lisan yang berada di kota  Rokan Hulu. Cito juga diartikan seseorang yang menyampaikan sebuah cerita atau lebih dari satu cerita kepada orang lain. Cito atau bercerita itu ketika si tukang cito sedang berkumpul dengan teman sebaya atau anak bujang (muda) saat sedang istirahat. Pada zaman dulu cito itu selalu ada setiap hari, karna anak bujang tak pernah bosan mendengarnya dan selalu dihantui rasa penasaran cerita apa yang disampaikan si tukang cito selanjutnya.

 

Cito hanya cerita singkat yang penuh nasehat dan hikmah. Orang rela kelaparan untuk mendengar cerita dari si tukang cito. Karena cerita yang menarik dan sangat menghiburlah, banyak orang mendengar cito ini. Bahkan cito menjadi tradisi yang sangat digemari oleh masyarakat melayu Rokan saat itu. Cito ini diceritakan atau disampaikan oleh laki-laki maupun perempuan.

 

Cito ini berisi cerita tentang nasihat kehidupan, cerita alam, cerita hewan, makhluk gaib, makhluk halus, cerita tentang manusia, cerita tentang bangsawan, cerita percintaan, lalu ditambah cerita lucu dan menghibur, dan cerita mengandung nilai edukasi dan keagamaan.

 

Cito ini berkembang di seluruh kampung melayu yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Kampung Muara Rumbai (Rambah Hilir) salah satu tempat berkembangnya cito ini dan seluruh Kampung di Rokan Hulu.

 

Cito yang terkenal yaitu cerita nasehat, cerita kehidupan, cerita tentang keagamaan, cerita serombau, cerita Muara Rumbai dan cerita lainnya yang mengandung edukasi dan nilai keagamaan.

Sumber :

1. Wawancara langsung dengan bapak irwan toni

2.  Wawancara langsung dengan ibu ita

Penulis: Reski Alfajri


Posting Komentar untuk "Tradisi Budaya Sastra Masyarakat Melayu Rokan Hulu "Cito (Bercerita)""

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.