Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata, Miniatur Benteng Tuanku Tambusai.



Miniatur Benteng Tuanku Tambusai

 Miniatur Benteng Tuanku Tambusai

LenggokMedia.com--Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Mi·ni·a·tur n 1 tiruan sesuatu dalam skala yang diperkecil; sesuatu yang kecil; 2 lukisan dan sebagainya (bentuk) tiruan yang berukuran lebih kecil daripada yang ditiru; 3 lukisan dan sebagainya yang bagus dalam bentuk kecil.

Sedangkan menurut  wikipedia Miniatur adalah suatu tiruan sebuah objek seperti tempat, bangunan, makanan, dan objek lainnya yang dapat dilihat dari segala arah atau biasa disebut benda 3 dimensi. Miniatur biasanya dibuat untuk suatu pameran atau acara kesenian yang membutuhkan sebuah peragaan.

Miniatur Benteng Tuanku Tambusai terdapat di dua tempat dengan Miniatur dan design yang sama.  Miniatur Benteng Tuanku Tambusai pertama berada di tepi jalan desa Talikumain dan miniatur berikutnya  sekitar 2 Kilometer dari miniatur sebelumnya  berada di jalan raya  Dalu- Dalu Tambusai Tengah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.



Miniatur Benteng Tuanku Tambusai menorehkan perjuangan Tuanku Tambusai menghadapi penjajah Belanda, terbukti dari relief yang tertera di miniatur tersebut “Kampong Daloe Daloe” sedangkan dibawah tulisan berbahasa Belanda.

Ada juga torehan sisilah Tuanku Tambusai yang dimulai  dari nama kecil beliau yakni  Haji Muhammad Saleh selanjutnya nama ayah beliau Imam Maulana Kali  hingga nama ibu beliau Munah.  Sisilah ini ditulis dalam tulisan latin.

Lokasi miniatur Benteng Tuanku Tambusai mudah diakses dari jalur darat. Apabila Perjalanan dimulai dari pusat Kota Pekanbaru maka bisa ditempuh lewat dua jalur bisa melalui jalur Jalan Raya Bangkinang- Pasir Pengaraian ataupun juga melewati jalan Petapahan dengan waktu tempuh sekitar 4 atau 5 jam. Gunakan Google Map untuk mengakses lokasi  dengan akurat.

Miniatur benteng Tuanku Tambusai buka 24 jam. Jika malam hari akan disorot oleh lampu-lampu sekeliling miniatur menjadikan suasana semakin indah dan gemerlap.  

Salah seorang pengunjung   Bapak Maman mengatakan “Berkunjung ke miniatur benteng Tambusai Tuanku ini, membuat kita  secara tidak langsung  akan mengingat kembali jasa-jasa  pahlawan terdahulu khususnya Tuanku Tambusai dan sekarang kita hanya bisa menikmati hasil perjuangan para pahlawan tersebut tanpa bisa mengalami  apa yang telah diusahakan oleh pahlawan-pahlawan untuk meraih kemerdekaan, jadi sungguh kita di zaman ini sangat beruntung” tuturnya kepada reporter Lenggok Media.


Miniatur benteng Tuanku Tambusai banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan luar untuk berswaphoto  maupun menjadi tempat kunjungan wajib bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu.

Penulis : Arnita Adam 


Posting Komentar untuk "Wisata, Miniatur Benteng Tuanku Tambusai."

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.