Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kreatif, Bonsai Kelapa Sebagai Alternatif Usaha di Masa Pandemi

 BUDIDAYA BONSAI KELAPA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI

   Pada saat ini banyak sekali Sarjana yang menganggur akibat minimnya lapangan pekerjaan, apalagi pada saat pandemi sejumlah perusahaan banyak sekali terjadi pemecatan karyawan akibat pendapatan yang merosot. Untuk menutupi jumlah angka pengangguran dan meningkatkan ekonomi perlunya kita untuk bergerak sendiri dalam membuka peluang usaha, akan tetapi banyak dari kita yang berfikir dalam membuka sebuah usaha perlunya modal awal. 

 Demikian merupakan cara berfikir orang awam, tentunya selagi masih warga Negara Indonesia banyak sekali lapangan pekerjaan yang tidak membutuhkan modal besar. Seperti yang kita ketahui Negara Indonesia kaya akan hasil alamnya, dengan hasil alam yang melimpah kita dapat membuka peluang usaha. Baik usaha dalam sektor pertanian, perkebunan maupun budidaya tanaman

    Salah satu usaha yang membuat pertumbuhan ekonomi meningkat dan membuka lapangan pekerjaan adalah Budidaya Bonsai Kelapa. Banyak sekali kita jumpai buah kelapa bahkan sebagian dari kita mempunyai tanaman kelapa ini, dengan banyaknya berbagai jenis bentuk ukuran kelapa akan membuat kita mampu untuk memvariasikan bonsai kelapa.

Cara Membuat Bonsai Kelapa :

  1. Memilih Jenis Kelapa.    Tentunya, agar bonsai dapat tumbuh dengan baik dan indah, kita perlu menggunakan bibit dan jenis kelapa yang unggul. Jika seandainya kita tidak menemukan jenis kelapa yang unggul, kita bisa membuatnya dengan buah kelapa yang biasa. Akan lebih bagus lagi jika kita tidak menemukan kecacatan seperti kelapa yang sudah terbuka kulitnya.
  2. Menentukan Posisi Batok Kelapa.   Untuk membuat tanaman ini indah, perlu kita ketahui posisi batok tergolong penting agar bentuk tanaman bisa sesuai keinginan anda. Kita bisa meletakkan batok bekala sesuai keinginan kita, bisa diletakkan secara Horizontal ataupun Vertikal agar batok kelapa ini dikelilingi oleh akar dan tanman yang tumbuh tinggi. Atau secara Horizontal yang membuat bonsai kelapa unik mirip seperti Lebah.
  3. Membersihkan Batok Kelapa.    Hal utama untuk membersihkan batok kelapa ini tentunya sabut kelapa ini perlu dibersihkan ketika tunas muncul. Caranya mengupas batok kelapa dengan pisau, usahakan akar tunas tidak lecet atau tergores. Hal ini berdampak pada pertumbuhan tunas.
  4. Menyiapkan Media Tanaman.    Untuk menanam bonsai kelapa kita perlu memperhatikan media tanam yang digunakan. Gunakan pot sesuai dengan ukuran batok kelapa. Lalu, isi pot dengan tanah dan pupuk kandang. Usahakan dalam menanam bonsai perhatikan akar kelapa apakah sudah tertanam atau belum.

   Setelah mengetahui cara membuat bonsai kelapa, apakah anda tertarik dalam budidaya tanaman bonsai kelapa? Bagi anda yang tertarik selamat mencoba.


Jurnalis : Fahri siregar






Posting Komentar untuk "Kreatif, Bonsai Kelapa Sebagai Alternatif Usaha di Masa Pandemi"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.