Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Esai_Masa Muda Mengejar Mimpi

 

Esai_Masa Muda Mengejar Mimpi

 

Pendahuluan

            Globalisasi adalah proses mendunia segala aspek kehidupan. Aspek tersebut meliputi segala pencapaian yang harus diikuti perkembangannnya oleh seluruh umat manusia yang menghuni bumi ini. Berbicara mengenai globalisasi faktor penting yang menjadi acuan adalah adanya dampak yang mengelaborasi terhadap diri manusia itu sendiri.

            Kebijakan publik yang menggema di media saat ini adalah bumingnya istilah Revolusi Industri 4.0. Secara teoritis, kebijakan itu mengajak kepada masyarakat secara luas untuk mampu bersaing dan bersinergi dalam ajang dunia yang mengglobal. Hal ini menjadi issu yang harus dibincangkan. Sedemikian itu, sememangnya kita harus waspada dan bijak dalam menyikapi era revolusi ini.

Pembahasan

            Aku, adalah salah satu dampak yang akan mengenyam proses globalisasi. Saat ini aku sedang menyandang gelar sebagai mahasiswa. Posisi ini yang menjadikanku dilema. Paradigma kehidupan, yang menuntutku dengan segala kecaman. Aku berdiri sendiri disini. Dengan puing-puing sendi dan merangkak penuh arti. Menjadi seorang mahasiswa tidaklah mudah. Aku dituntut kritis dan kreatif.

            Sebagai seorang mahasiswa, aktifitasku tidak hanya belajar. Melainkan aku aktif dan berkecimpung di dunia organisasi. Selain itu, aku juga aktif mengikuti ajang atau event kedutaan mahasiswa. Bagiku, pemantapan karier dapat diperoleh dari memanfaatkan skill and ability dalam pengembangan kemampuan diri. Disisi lain, tujuan ini aku lakukan untuk menambah daftar curriculum vitae yang aku miliki.

            Saat ini, aktifitasku adalah sebagai seorang Guru Honorer. Maksud dari jabatan itu adalah, aku menjadi guru di salah satu SMP Swasta Kepenuhan Sejati. Disinilah, aku berdiri tegak, mengeksplore segala kemampuan, dan menggali pengalaman. Tugas dari seorang Guru adalah mengajar siswa dalam bidang: Bahasa Indonesia, Ips, Seni Budaya, dan Pramuka. Amanah ini aku emban sejak tamat dari Madrasah Aliah / MA Kepenuhan. Proses rekrutment nya pun tidak mudah. Dari Guru yang bertugas di Smp tersebut kurang lebih 6 orang, hanya diambil 15% dari jumlah keseluruhan. Karakteristik seorang Guru Honor adalah memiliki jiwa leadership, intellegence, soft skill, loyality, kompetitif, komitmen, toleransi, dan attitude baik. Diriku yang sesungguhnya adalah diriku yang akan bersaing dalam era revolusi. Sebagaimana dikatakan oleh pakar kesehatan bahwa sebelum kita menjadi manusia kita sudah bersaing. Persatuan sperma antara Ayah dan Ibu kita dengan persaingan jutaan sperma hanya satu yang berhasil menjadi janin, dan itulah diri kita. Kaitannya dengan hal itu, kita sudah selazimnya mengikuti persaingan yang memang harus kita hadapi.

Alternatif atau upaya yang saya lakukan dalam menghadapi era revolusi industri ini adalah:

1. Update informasi di media massa

2. Tidak gaptek

3. Perbanyak menulis publikasi ilmiah

4. Perbanyak membaca buku

5. Belajar berfikir kritis dan kreatif

6. Produktif sesuai skill

            Masing-masing point tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

            Berbicara mengenai media massa, yang kubutuhkan adalah memiliki alat yang bisa aku manfaatkan dengan baik. Alat utama yaitu handphone, yang kedua yaitu laptop, ketiga motor, dan keempat wifi. Secara tidak langsung keempat hal itu saling berkaitan dan sangat dibutuhkan. Tanpa handphone aku tidak dapat berkomunikasi dengan siapapun. Tanpa laptop rasanya aku tidak mungkin bisa menulis dan berlembur untuk menyelesaikan tulisanku. Tanpa kendaraan motor aku tidak bisa aktifitas kemanapun yang kuinginkan. Tanpa wifi aku sangat butuh dana banyak jika harus mengeluarkan uang untuk beli kuota.

Kesimpulan

            Penjelasan diatas adalah segala aspek yang aku butuhkan. Untuk memenuhi hal tersebut, beban yang kupikul sangatlah berat. Aku mulai beraktifitas lebih padat dari biasanya. Aku mulai memahami makna demi makna, kata demi kata untuk menjadi rangkaian paragraf yang utuh dan tertata. Aku mulai mengenal istilah management reference. Aku mulai paham bagaimana penulisan karya ilmiah, bagaimana menulis article yang baik dan benar, bagaimana cara publikasi jurnal, dan lain sebagainya. Kesemua itu aku dapatkan semenjak aku mulai berkecimpung dalam dunia PKM.

            Mimpi terbesarku adalah aku mampu membangun negeriku yang aman, damai, sentosa, adil dan makmur. Hal kecil yang bisa kulakukan adalah, dengan salah satu langkah yakni aku harus mengenyam pendidikan berkelanjutan. Ketika wawasan dan ilmu yang aku punya sudah maksimal, maka aku akan berbagi pengetahuan tersebut kepada sanak saudara, rakyat kecil dan menengah, serta lingkungan yang sangat membutuhkan asupan ilmu pengetahuan.

            Dua tahun kedepan harapan terbesarku adalah menjadi seorang pendidik, menjadi seorang dosen dan itu lebih baik. Rencana yang aku punya: aku akan mengajar dikampus terkhusus matakuliah metode penelitian. Dimana saat proses matakuliah ini, mahasiswa selalu membutuhkan banyak pengetahuan yang sememangnya tidak didapatkan di bangku kuliah. Sejauh ini, pengetahuan yang kumiliki adalah berkenaan dengan qualitatif research. Dimana segala reference saya dapatkan dengan teori-teori pakar aslinya, bukan saduran dari buku-buku yang telah terbit atau terjemahan. Pengetahuan ini saya dapatkan berkat bimbingan dengan Pembimbing Akademik 1 saya yang memang beliau adalah pakar dalam penulisan karya ilmiah yang juga tak diragukan lulusannya dari salah satu perguruan tinggi Padang.

            Selain menjadi seorang pendidik, harapanku di masa depan aku menjadi public figur di lingkungan masyarakat. Untuk terus membangun komunitas dan sosialisasi dalam pengembangan spiritualitas, dan kemasyarakatan. Hal ini dapat aku lakukan dengan menjadi Ibu pejabat, misalnya. Karena pada hakikatnya, seorang pemimpin yang didampingi oleh wanita sosialis, cenderung dapat memajukan visi dan misi yang diembannya. Untuk itu, kontribusi utamaku dimasa mendatang adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Sedemikan itu yang saya paparkan adalah sebagaimana pengharapan saya di posisi yang akan datang. Demi menunjang segala pencapaian, saya terus berupaya dengan melakukan kegiatan positif yang dapat mendukung progres kedepan.

 

Nama                   : Sri Rahma Dhiya

NIM                     : 1803009

Prodi                    : Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, STKIP Rokania

Mata Kuliah     : Penulisan Artikel dan Esai

Dosen Pengampu: Rita Arianti, M. Pd.

 

 

 

Posting Komentar untuk " Esai_Masa Muda Mengejar Mimpi"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.