Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

UPZ, "Menjemput Rahmat dari Zakat"

 "Penyerahan Zakat Mal"


Selasa, 12 Januari 2020. Dari kejauhan pemilik rumah yang berdindingkan kayu ini sudah sumiringah saat menyambut hangat kedatangan petugas UPZ Ujungbatu, kedua petugas terlihat meninting bantuan sembako dan meletakkan tepat dihalaman rumahnya.

"Alhamdulillah, mughalah nak soki kelen, daghi mano tieh bantuan ko?" sambil memasang kopiah dan bergegas menuju pintu depan rumahnya. 

"Iko zakat, tukkkkk dari uwang-uwang kayo Ujungbatu" jawab salah seorang petugas UPZ dengan spontan.

Serah terimapun disegerakan karna masih ada beberapa penerima zakat lagi yang harus dikunjungi. 

"Alhamdulillah, untuk bulan ini 86 keluarga yang menerima Zakat Mal ini, dibandingkan bulan kemaren sudah meningkat dua kali lipat, ini membuktikan bahwa tingginya  kesadaran masyarakat terhadap pembayaran Zakat di Ujungbatu saat ini", ungkap Deswan, S.Pd salahsatu petugas UPZ wilayah Pematang Tebih Ujungbatu.



Hingga penyerahan semua sembako dari petugas Unit Pengumpulan Zakat yang mengenakan rompi coklat sebagai ciri khasnya ini, turut bahagia menyaksikan keharuan para penerima Zakat saat mendapatkan bingkisan sembako itu. Sebagian dari mereka benar-benar  bertahan hidup hanya dari mengharapkan bantuan pemerintah.  

Menurut Syahbuddin Ritonga, M.Pd, saat beristirahat sejenak melepas lelah disalahsatu rumah warga tentang kegiatan UPZ ini yaitu "Salahsatu alasan UPZ harus mampu menjangkau masyarakat dipelosok desa karna kami ingin amanah dari pihak pembayar Zakat ini tepat sasaran, selain meminta data dari desa setempat kami melakukan beberapa kali survei langsung dilapangan, menelisik keluarga itu  patut menerima ataukah ada yang lebih berhak menerimanya".

Sembako yang diberikan ialah berupa bahan pokok dan kebutuhan pangan sehari-hari oleh masyarakat, adapun sembako itu dibeli oleh petugas di kedai-kedai yang dekat dengan lingkungan penerima Zakat, hal ini bertujuan untuk memberikan keuntungan kepada kedai tersebut atas kehadiran UPZ. 

Pembagian Zakat ini rutin dilakukan setiap bulannya, menurut penjelasan petugas UPZ lagi, UPZ sedang diprogramkan juga bulan selanjutnya untuk bantuan usaha produktif, diharapkan hadirnya UPZ ditengah-tengah masyarakat menjadikan Rokan Hulu Negeri yang terbebas dari kemiskinan, serta memberikan keberkahan rezki kepada para pembayar Zakat.


Penulis : Nur atika



Posting Komentar untuk "UPZ, "Menjemput Rahmat dari Zakat""

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.