Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Liburan Tanpa Khawatir di Hutan Kota

 LIBURAN TANPA KHAWATIR DI HUTAN KOTA

Pandemi  Covid-19 yang melanda saat sekarang ini membuat sebagian dari kita berfikir berulang-ulang kali untuk melakukan kegiatan apapun di luar rumah. Sudah tertanam di otak kita bahwa kita harus menghindari kerumunan sebisa mungkin, mencuci tangan, memakai masker dan lain-lain. Tahun 2020 dipenuhi ketakutan, di musim liburan dan pergantian akhir tahun ini rasanya terlalu bosan jika hanya berdiam diri dirumah saja, kerena otak dan tubuh sudah menjerit butuh liburan namun tetap harus mematuhi protocol kesehatan sehingga kita bisa liburan tanpa kekhawatiran. Khawatir boleh, namun jangan berlebihan ya.

Kali ini aku akan bahas tentang liburan singkat bersama adikku.  Tepatnya pada tanggal 4 Desember 2020, niat awalnya aku pergi ke Pasir Pengaraian untuk mewawancarai murid berprestasi, Bayu Wibisono yang menang di ajang MTQ tingkat Nasional. Namun, teringat bahwa tidak jauh dari Mesjid Islamic Center, ada objek wisata yang belum aku kunjungi dan memang penasaran dari dulu, yakni Hutan kota. 

Hutan kota, Pasir Pengaraian beralamat di belakang kantor Bupati Rokan Hulu, diresmikan pada tanggal 14 Desember 2019 oleh Bapak Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman. jadi, sudah terhitung setahun diresmikannya Hutan Kota, bagaimana kondisinya dan tips liburan seru di Hutan Kota ala aku.

My first impression saat memasuki Hutan Kota, terlihat banyak spot-spot foto yang keren dan juga ada peta hutan kota disamping gerbang yang memudahkan kita mencari tempat-tempat yang ingin dikunjungi, ada kolam ikan ala Jepang, taman bunga, Playground & labirin, taman burung dan mata air, karena luas Hutan kota ada 7,3 Hektare ada juga beberapa orang yang tidak sanggup menjelajahi secara keseluruhan. Liburan di Hutan Kota paling seru dengan keluarga atau teman-teman. Pohonnya rindang, alamnya sejuk, pondok-pondok yang cantik dan bagi yang suka foto akan termanjakan dengan spot foto yang keren dan beragam. 

Namun, agar liburan kamu nyaman di Hutan kota ada beberapa tips dari aku. Pertama, di Hutan kota tidak ada Kamar mandi umum atau Toilet, sehingga bau pesing akan tercium disekitar gerbang Hutan kota karena banyak yang buang air kecil sembarangan disana, jadi disarankan untuk mempersiapkan diri, jika bawa anak kecil bisa bawa pampers atau kain ganti. 

Kedua, banyak sampah berserakan yang membuat kita kurang nyaman. Sehingga diharapkan dari kita agar membuang sampah pada tempatnya dan semoga ada petugas yang rutin membersihkan Hutan Kota setiap harinya. Ketiga, ada beberapa fasilitas di Hutan Kota yang mulai lapuk, sehingga kita harus berhati-hati apalagi membawa anak kecil. Keempat, biar lebih nyaman bawa lotion anti nyamuk, yang namanya di hutan pasti banyak nyamuk ya teman-teman dan juga bawa air minum sendiri biar tidak dehidrasi karena di dalam hutan kota tidak menjual makanan atau minuman. 

Terakhir dari aku, kalau bisa teman-teman  bawa makanan burung juga ya, jadi ketika berkunjung di taman burung, burung-burungnya pasti akan senang karena banyak yang kasih makan. Karena menurut aku, burung-burung disana kurang dirawat. Semoga ada perbaikan dan lebih dirawat lagi oleh Pemerintah ya.

Semoga tips dari aku bermanfaat. Nahh… dari semua tempat di Hutan kota, saya paling suka arena Playground dan Labirin. Tempatnya bersih, tempat mainnya cantik dan anak-anak pasti betah. Ada permaian jungkat-jungkit, buaian, panjat tebing untuk anak-anak, pondok berbentuk keong besar dan kita juga bisa merasakan permainan labirin seru yang luas secara langsung disini. Selamat liburan semuanya, semoga liburannya menyenangkan ….


Penulis : Riska Mufida

Ujungbatu, 25 Desember 2020


Posting Komentar untuk "Liburan Tanpa Khawatir di Hutan Kota"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.