Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

"Rihlah Alam PBSI, Cerdas dan Bermakna"

 "Rihlah Alam PBSI, Cerdas dan Bermakna"

Lenggok Media.Com. Kamis / 11 maret 2021. Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ( HIMA PBSI) bersama mahasiswa angkatan 2017-2020 mengadakan acara rihlah alam yang pertama. Acara itu diselenggarakan sebagai kegiatan pertama dari organisasi HIMA PBSI yang baru dibawah asuhan Ibu Misra Nofrita, M.Pd. selaku Pembina dan ketua program studi PBSI pada tanggal 18 februari 2021.

Rendi saputra sebagai ketua HIMA PBSI mengatakan, "Kegiatan rihlah alam ini adalah acara pertama dan salah satu program organisasi HIMA PBSI setiap 3 bulan sekali. Acara ini diadakan sabagai ajang silaturrahmi seluruh mahasiswa dan dosen juga. Kegiatan yang dilakukan bukan mengunjungi tempat wisata saja, tapi ada acara donasi buku dan bincang literasi yang menghadirkan narasumber yang hebat.”

Kegiatan rihlah alam ini bertujuan sebagai tempat berkumpulnya seluruh mahasiswa yang memilih program studi pendidikan bahasa dan sastra, agar para dosen dan mahasiswa tetap menjaga tali silaturahmi. Selain silaturahmi, acara donasi buku juga termasuk dalam jadwal kegiatan ini. seluruh mahasiswa diminta agar menyumbangkan sebagian bukunya untuk rumah baca atau taman baca masyarakat. Acara donasi buku ini bertujuan agar mahasiswa peduli dalam hal membaca, dengan adanya donasi buku ini menyadarkan kita pentingnya membaca buku.

Rendi saputra selaku ketua HIMA PBSI menyerahkan buku yang di donasikan oleh mahasiswa kepada Harkansyah selaku bagian dari anggota pondok cerdas. Pondok cerdas salah satu rumah baca yang berkesempatan mendapatkan donasi buku pertama dari mahasiswa STKIP ROKANIA. 

“Terima kasih kepada mahasiswa PBSI STKIP ROKANIA yang telah memberikan kami buku. Kami juga senang atas kedatangan tamu yang hebat yaitu mahasiswa  dari STKIP ROKANIA. Kami juga bangga bisa berkolaborasi jika HIMA PBSI mengadakan sebuah acara.” Ucap Harkansyah ketua pondok cerdas.

Selain donasi buku Rendi Saputra juga ingin mengajak kerja sama bila mengadakan sebuah acara lomba dan anggota pondok cerdas juga dengan senang hati menerima ajakan baik oleh ketua HIMA PBSI itu. Saat penyerahan buku Okitriyani, Noraelvita, Fahri Qiranda Manurung dan Tesa Dwi Ananda Putri bagian dari anggota pondok cerdas juga setuju dengan ide dari mahasiswa STKIP Rokania itu.

Setelah acara donasi buku, mahasiwa melanjutkan agenda rihlah alam ke Selanca, salah satu tempat wisata alam yang ada di Rokan Hulu. Setibanya di di Selanca, mahasiswa makan bersama dan sholat Zuhur.

Setelah seluruh mahasiswa ishoma, agenda selanjutnya yaitu bincang literasi bersama Lenggok Media Production, salah satu komunitas penulis Rokan Hulu. Ketua Leggok Media, Nur Atika bersama Reski Alfajri dan Fahri Siregar juga anggotanya ikut meramaikan bincang literasi bersama mahasiswa PBSI STKIP Rokania.

Nur Atika sebagai ketua Lenggok Media Prodaction mengatakan “Selama ini kegiatan HIMA PBSI kurang bermasyarakat, artinya masyarakat tidak tau apa kegiatannya. Nah, untuk kegiatan selanjutnya dibuat acara bincang sastra seperti bedah buku yang bertempat di perkampungan terdekat. Agar acaranya di ketahui oleh masyarakat, undang Pak RT dan masyarakat setempat. Ketua HIMA juga bisa buat program yang regular dan wajib dan acara lainnya.”

Agenda terakhir atau penutup acara rihlah alam yaitu "Quis Sambung Kata".  Ketua HIMA PBSI berharap agar acara  selanjutnya lebih baik dari acara pertama ini. 


Penulis : Reski Alfajri

Editor : Nur Atika





Posting Komentar untuk ""Rihlah Alam PBSI, Cerdas dan Bermakna""

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.