Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gula Aren Mempermanis Rokan Hulu

 GULA AREN KHAS ROKAN HULU MEMBANGKITKAN EKONOMI DAERAH

(Oleh : Florentina Simanungkalit)


Kabupaten Rokan Hulu yang dikenal sebagai Negeri Seribu Suluk dimana pertanian Sektor pertanian merupakan salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan perekonomian di kabupaten tersebut. Gula aren merupakan salah satu komoditi perkebunan yang menjadi pilihan secara ekonomi bagi masyarakat di kecamatan Rambah Samo Rokan Hulu yang telah meningkatkan ekonomi di daerah tersebut. Gula aren asal Rokan Hulu tersebut yang sekarang telah menjadi salah satu sentral gula aren yang terbesar di Riau. 

Florentina Simanungkalit Mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia Jakarta, yang berasal dari kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau merasa bangga dengan Komodati  gula aren khas Rokan Hulu tersebut dan sangat puas setelah mengunjungi wisata-wisata yang ada di Rokan Hulu selama beberapa bulan terkahir.

Ia mengatakan “ Komuditas gula aren khas Rokan Hulu tersebut merupakam gula aren yang sangat enak dan unik tentunya. Kita berharap bersama juga kepada semua elemen bangga terhadap gula aren tersebut dan untuk mendukung menjadikan komuditas gula aren ini supaya bisa mendunia nantinya dengan membeli dan mempromosikannya. Pemerintah pusat dan daerah tentunya harus dapat berkolaborasi dalam mendukung pemasaran produk lokal tersebut dan juga membina para petani dan para UMKM guna usaha pembuatan gula aren dapat bertahan dan berkembang berkelanjutan serta dapat menumbuhkan jiwa entrepreneneurship baru di Rokan Hulu. Jika hal ini difokuskan maka akan dapat meningkatkan  pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah”.

Gula aren yang dibuat dari sari pohon enau yang diproses menjadi sari air nira. Diolah atau dibuat tanpa tambahan. Ini jugalah salah satu rekomendasi untuk seseorang yang mau menghindari dari pemakaian gula pasir. Gula aren tanpa pengawet yang hanya menggunakan sedikit tambahan gamping untuk memperoleh dan mempertahankan kualitasnya serta pengeringannya. Ini juga sangat aman dikonsumsi tanpa resiko kesehatan yang mungkin timbul karena manfaat gula aren untuk kesehatan dikenal sebagai gula alami karena didapat dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Manfaat gula aren utuk kesehatan bisa didapat dengan mudah. 

Para pengunjung dan wisatawan  yang datang ke Rokan Hulu tentunya jangan lupa membeli gula aren tersebut sebagai oleh – oleh. Dan untuk mencari gula aren ini sangat mudah di dapatkan, di toko-toko dan juga di pasar sangat banyak sekali masyarakat yang menjual gula aren ini dan tentu harganya juga masih terjangkau tidak begitu mahal.









Posting Komentar untuk "Gula Aren Mempermanis Rokan Hulu"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.