Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Taman Bunga Impian Okura, Darimana Asal kata Okura?

 Taman Bunga Impian Okura,  Darimana Asal kata Okura?


Lenggokmedia.com.  Setiap kali aku naik motor menuju kampus, diantara hiruk-pikunya kendaraan yang lalu lalang di jalanan,  aku selalu rindu akan wisata alam. Di akhir pekan aku selalu ingin liburan, menyatukan diri dengan alam.  

(Gambar : Arnita Adam dan Melisa di Taman Bunga Impian Okura)

Segera ku hubungi Melisa, “Hi, kita jalan yuk? Ke Taman Impian Okura” 

“Oke, jam berapa kita berangkat?”

“Jam 11” balasku


Kami segera berangkat menuju Rumbai dan sholat Zuhur di sana, selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Desa Okura. 

(Gambar : Arnita Adam di Taman Bunga Impian Okura)

Taman Bunga Impian Okura ini pernah hits dan menjadi viral sebelum musibah Covid – 19 melanda dunia.  Bahkan pernah dalam sehari taman bunga ini dikunjungi 2.500  pengunjung, pengunjung lokal dan wisatawan mancanegara pernah mampir ke taman ini. 


 Taman Bunga Impian Okura ini dibentuk pada bulan April tahun 2017 dan menjadi populer pada tahun 2018,  lokasi taman ini terletak di  Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Perjalanan menuju taman ini, kami tempuh sekitar 45 menit dari kota Pekanbaru menggunakan sepeda motor.  

(Gambar : Karcis masuk Taman Bunga Impian Okura) 


Dengan bermodalkan Rp 5.000/orang, kita sudah bisa menikmati dan berswafoto dengan bunga-bunga indah yang ada di taman ini sampai puas,  plus gratis toilet dan bagi kamu yang beragama muslim telah di sediakan mushola.


Aku segera menjumpai  Musni Dianto, yang akrab disapa  Muslim.  Beliau adalah pencetus sekaligus ketua pengelola taman ini. 

(Gambar : Arnita Adam bersama Musni Dianto / Muslim,  ketua pengelola Taman Bunga Impian Okura)


Nah yang pertama kali aku tanyakan kata Okura itu darimana? Kenapa desa itu disebut desa Okura.  Kalau di dengar-dengar seperti berbau-bau Jepang gitu.


“Sebenarnya tempat kita disini, ini bukan Okura,  disini awalnya namanya Raso Sati, yang dinamakan Okura itu, diseberang sana” Tutur Bang Muslim sambil menunjuk ke seberang sungai Siak. Taman ini memang terletak di tepian sungai Siak yang merupakan sungai terdalam di Indonesia.


“Diseberang sana sebelum merdeka, disana ada perkebunan orang Jepang, yaitu perkebunan kelapa sawit dan perkebunan karet, jadi yang memberi namanya Okura ini, bukan orang kampung sini yang bikin nama,  yang ngasih nama itu adalah orang Jepang” Bang Muslim menambahkan penjelasan

(Gambar : Arnita Adam sedang berayun di Taman Bunga Impian Okura)


“Saya juga sudah berkali-kali mencari apa arti kata  Okura itu,  namun belum dapat lagi,  pernah juga kita bertanya pada pihak-pihak terkait, yang mungkin mengetahui tentang sejarah, kalau kita tanya berbagai narasumber, nama Okura ini banyak pendapat yang tidak sinkron, yang satu bilang begini yang satu bilang begitu, jadi kurang akurat kata Okura itu apa artinya, pernah saya bertanya kepada bapak Hospian, salah seorang yang mengetahui sejarah,  katanya Okura itu seperti nama perusahaan,   kalau kita cari di internet kata Okura, banyak yang muncul hotel Okura, iya kan?  Ada di Jepang, ada di China,  jadi dia mengatakan Okura itu nama perusahaan, dulu bergerak di bidang perkebunan, dari perkebunan itu dia beralih ke industri perhotelan, jadi mungkin kesitu arahnya,  kalau kita telusuri,   seperti nya nyambung.   Tapi untuk keakuratan cerita itu, belum dapat yang sebenarnya,  asal muasal  dari nama Okura itu.  Sama seperti cerita Jembatan  Siak I, orang banyak bilang jembatan Lekton (Leighton), ya Leighton itu nama perusahaan yang membangun jembatan itu, ya kontraktornya” tutur bang Muslim yang dijumpai Lenggok Media pada hari Sabtu tanggal 3 Juli 2021.

(Gambar : Arnita Adam diatas sampan tepi sungai Siak di Taman Bunga Impian Okura)


Penulis : Arnita Adam 

( Novelis,  Traveller dan Jurnalis Wisata)


Editor : Nur Atika





Posting Komentar untuk " Taman Bunga Impian Okura, Darimana Asal kata Okura?"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.