Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bandar Kayangan

 Danau Bandar Kayangan Pekanbaru Wisata Air dan Alam yang Eksotis


Bandar Kayangan  yang merupakan wisata air dan alam atau dikenal masyarakat Pekanbaru dengan sebutan Danau Buatan, sangat menarik untuk dikunjungi terlebih lagi saat sore hari, ketika sunset menyinari danau,  angin yang sejuk udara yang segar serta hamparan air yang banyak tumbuh teratai membuat siapapun betah berlama-lama untuk bersantai disini.

(Gambar : Arnita Adam di Danau Bandar Kayangan)


Pemerintah Kota Pekanbaru membenahi Danau ini kembali setelah lama kurang mendapat perhatian, dimasa lalu Danau ini merupakan salah satu tempat pelaksanaan pertandingan cabang olahraga Sky Air pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 18 yakni pada tahun  2012.


Danau Buatan ini berada di Jalan Pramuka  atau Jalan Lingkar Danau Buatan, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur.  Bila menggunakan mobil dari pusat Kota Pekanbaru, jarak menuju  Danau Bandar Kayangan ini membutuhkan waktu sekitar 20  menit saja. Kalau menggunakan motor sekitar 10-15 menit.

(Gambar : Suasana di Danau Bandar Kayangan)


Ketika kita tiba di pintu masuk, kita akan di kenakan tiket RP. 10.000/perorang,  tapi jika membawa motor, tidak dipungut parkir dan bebas parkir di manapun di kawasan Bandar Kayangan yang luasnya mencapai 10 hektar itu.   Udara sejuk menyusup di sela-sela daun rimbun berjuntai tinggi.


Setelah memarkir motor, kami mulai berkeliling mengitari tempat tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru telah membangun Toilet baru dan banyak tempat duduk juga buaian sepanjang tepi danau.  Namun disayangkan, meski pemerintah telah menyediakan banyak tempat sampah, tetapi kesadaran pengunjung terlihat masih kurang, dengan membuang sampah sembarang.  Padahal jika wisata ini bersih, sudah pasti keindahannya makin bersinar. Seperti Singapura bagiku negara itu menjadi indah karena bebas dari sampah. 

(Gambar :  Arnita Adam dalam buaian di Danau Bandar Kayangan) 



Ruangan terbuka dengan kursi panjang berjejer dengan cat warna-warni dan dihadapannya tersedia panggung membuat aku membayangkan tempat ini paling unik bila dijadikan resepsi pernikahan dan bagi kamu yang hobi memancing dan camping tempat ini juga paling adem untuk dijadikan peristirahatan.  Pada malam hari juga tersedia lampu-lampu yang menerangi kawasan ini.

(Gambar : Panggung dan jejeran kursi warna-warni di Danau Bandar Kayangan)



Penulis : Arnita Adam

(Novelis, Jurnalis dan Traveller)






Posting Komentar untuk "Bandar Kayangan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.