Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

"Wang Kampuong" Lenggok, hadirkan tokoh UMKM

    Muda, Berani Berwirausah

Ujungbatu (28/11/2021) Lenggok Media Production  dalam program “Wang Kampuong” yakni sebuah program kegiatan diskusi yang mendatangkan pembicara orang kampung yang sudah sukses untuk memberikan ilmu pengetahuan keahlian mereka kepada masyarakat sekitarnya agar mendapatkan manfaat dari kesuksesan Wang Kampuong tersebut.

Menurut bahasa Melayu Ujung Batu, kata “Wang” berasal dari kata Urang yang maksudnya adalah Orang, sedangkan arti Kampuong adalah Kampung yakni suatu daerah. 

(Gambar : Bersama narasumber Ardi Masti dalam  Program Wang Kampuong)

Dalam program Wang Kampuong kali ini dengan tajuk “Muda, Berani Berwirausaha” menghadirkan Ardi Masti sebagai pembicara yang merupakan Founder Klinik UMKM SN.

Acara ini dilaksanakan di Sekretariat dan Rumah Baca Lenggok Media.  Pematang Tebih, Ujungbatu, Rohul.  Para undangan yang hadir adalah para pengusaha muda, ibu-ibu muda dan remaja mesjid, turut hadir pula guru-guru SD IT Bintang 33.

Salah satu guru SD IT Bintang 33 mengatakan  “Kesan dari kami guru SD IT Bintang 33,  untuk kegiatan hari ini, tentang UMKM, ternyata berbisnis itu tidak susah jika ada niat dan tekad dari dalam diri,  terima kasih kepada Lenggok Media yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, semoga kedepannya semakin sukses,” tutur Citra Sandopa S.Ag.

(Gambar : Narasumber menjelaskan bagaimana menjadi pemuda yang berani berwirausaha)

Narasumber memaparkan bagaimana cara memulai bisnis bagi pemula, yaitu jika yang ingin memulai usaha apapun, kita harus meriset sendiri produk seperti apa yang dibutuhkan di lapangan, dan sasaran pembeli juga. Uang memang sangat berperan dalam membuka usaha, namun uang bukanlah hal pertama yang dibutuhkan, yang paling utama dan pertama itu ialah tekad dan komitmen.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab, para undangan yang hadir sangat antusias untuk menanyakan berbagai kendala yang mereka hadapi dalam memulai bisnis. Mulai dari masalah pelanggan yang kurang hingga usaha yang sudah tutup. Adri Masti, sebagai narasumber dengan lugas menjawab serta menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil pada setiap permasalahan usaha mereka, dan pada akhir pembicaraan dia berkata, "Kalau nak lobie torang, bisa wak lanjutkan kek klinik UMKM SN, ado kopi gratis lo leh," tuturnya dengan bahasa Ujungbatu yang khas, disertai senyum tipis membuat seisi ruangan tertawa kecil.

“Acara ini sangat bermanfaat, saya secara pribadi sangat bersyukur dengan hadirnya Komunitas Lenggok Media di daerah ini. Saya berharap kedepannya Lenggok Media terus mendatangkan Narasumber-narasumber yang kompeten, berbagi ilmu dan konsisten menjadi wadah penampung ide gagasan Masyarakat lokal,” tutur Alvinda Gumara, S.H, beliau adalah Mu'adzin dan Sekretaris Masjid Al-Istiqomah Dusun Damai II, Ujungbatu, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.


Penulis : Arnita Adam

(Novelis, Jurnalis dan Traveller)

Posting Komentar untuk ""Wang Kampuong" Lenggok, hadirkan tokoh UMKM"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.