Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Danau Bukit Suligi, "Wajah Baru di Atas Air"

“Wajah Baru di Atas Air”

Danau Bukit Suligi Desa Sei Kuning Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau

(Foto : Wisatawan mancanegara juga turut menikmati indahnya panorama di Bukit Suligi)

Kecamatan Tandun  dan Kabupaten Rokan Hulu  merupakan dua wilayah yang berada  di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Riau. Sebagai wilayah atau daerah yang terkenal akan berbagai keunikannya, menjadikan Riau sebagai wilayah yang memiliki aset dan potensi yang dapat dikembangkan baik dalam sektor pariwisata, ekonomi, maupun budaya. Dibidang pariwisata salah satunya, kecamatan Tandun, Rokan Hulu merupakan daerah yang kaya akan objek wisata, bisa dikatakan beberapa objek wisata yang mungkin biasanya hanya bisa dinikmati di kota-kota besar, sekarang juga dapat ditemui di kecamatan Tandun, Rokan Hulu. Beberapa objek wisata yang terkenal di kecamatan Tandun, Rokan Hulu antara lain, Pemandian Sungai Akik, Danau Bukit Suligi, Hutan Lindung Bukit Suligi, Air Terjun desa Kumain, sungai Segi Tiga Emas, dan lain-lain. Objek wisata yang sangat digandrungi oleh orang-orang pada saat ini salah satunya adalah Danau Bukit  Suligi.

Danau Bukit Suligi merupakan salah satu objek wisata yang paling diminati banyak orang, disebut Bukit Suligi karena saat berada disini kesejukan dan kabut yang meliputi pemandangan yang indah menjadikan kita seakan berada diatas keasrian alam. Danau Bukit Suligi merupakan tempat yang mampu memanjakan mata para wisatawan dengan suguhan pemandangan keindahan panorama alam. Objek wisata ini terletak di Desa Sei Kuning, yang memiliki jarak tempuh ±8 km dari pusat kota, dengan luas ±3,5 ha. 

(Foto : Danau Bukit Suligi sejuk dan asri)

Danau Bukit Suligi sungguh indah di sana kita dapat melihat pemandangan hamparan air danau yang menakjubkan. Di sebelah Danau Bukit Suligi ada sebuah menara yang memiliki sejuta cerita, menara tersebut sudah ada sejak dahulu sekitar sepuluh tahun yang lalu. Di atas menara itu kita juga dapat melihat pemandangan pepohonan hutan lindung yang terlihat sangat kecil dan bentangan air danau yang sesekali tersapu oleh angin bagaikan tikar yang membentang luas. Pemandangan yang indah tersebut sangat memanjakan mata, terlebih Danau Bukit Suligi letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota, yang biasanya identik dengan hiruk pikuk aktivitas orang-orang.  

Danau Bukit Suligi merupakan tempat yang cocok bagi para penikmat alam, karena para wisatawan dapat menikmati kicauan burung yang bersahutan dan hembusan angin yang terasa begitu menyejukkan, dan juga cocok bagi para anak muda yang senang mengabadikan momen indah didalam lensa kamera, dan menjadikan hal itu sebagai hobi mereka. Pada acara perayaan besar seperti hari raya Idul Fitri di sekitaran danau ini penuh  dengan para pedagang yang mengais rezeki yakni berjualan, adanya wahana playing fox sangat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang. Tak hanya itu, Danau Bukit Suligi ini kerap ramai ketika waktu weekend tiba banyak masyarakat desa sekitar yang datang untuk mengais ikan-ikan dengan  mengexplore hobi mereka, yaitu memancing dan juga menghabiskan waktu bersama keluarga, biasanya para pendatang membawa peralatan sendiri seperti tikar, makanan, dan perlengkapan lainnya. Hal tersebut dikarenakan perjalanan masuk danau ini jarang terdapat perumahan dan jarang ada para pedagang yang menyediakan makanan sehingga para pendatang kerap membawa perlengkapan sendiri. 

(Foto : Jenjang menara di Bukit Suligi)

Menurut warga sekitar yang telah lama  mendiami daerah ini, menyebutkan bahwa dahulu sekitar tahun 2000 sampai 2010 ada beberapa turis mancanegara yang datang untuk melihat dan menyaksikan secara langsung keindahan alam danau bukit suligi ini. Beberapa pendatang juga melakukan kegiatan perkemahan disekitaran danau Bukit Suligi, Danau ini juga kerap kali dijadikan penelitian oleh beberapa mahasiswa luar kota, mereka datang berbondong-bondong dan melaksanakan kegiatan di sana. Hal ini sangat mendukung karena di sekitar area Bukit Suligi ada beberapa infrastruktur bangunan seperti ruang penelitian, mes atau asrama, dan kelas belajar lainya. Objek wisata danau bukit suligi ini juga bebas biaya bagi wisata yang ingin melihat dan menikmati keindahannya sehingga siapapun diperbolehkan datang tanpa adanya larangan. 

(Foto : Salahsatu ruangan yang bisa dipakai pengunjung)

Keindahan alamnya yang asri membuat banyak orang sangat terpukau, hal ini juga menjadi dara tarik terhadap para pembuat klip video untuk menjadikan objek danau sebagai tempat pembuatan video klip sebuah lagu. Para photografer juga sangat tertarik dengan keindahan alamnya banyak sekali para calon pengantin yang melaksanakan pembutaan foto pernikahan atau preweding disekitaran Danau Bukit Suligi ini. menurut warga sekitar pada tahun 2004 pernah ada sebuah kegiatan balap motor yang diadakan oleh pihak Bukit Suligi, acara tersebut dilakukan karna jalur balap yang mendukung di sekitar area Danau Bukit Suligi. 

 Saat ini pengaruh dari peran generasi muda dalam pengembangan potensi di wilayah kecamatan Tandun, Rokan Hulu, dibutuhkan kerja sama kita semua untuk memperkenalkan objek wisata yang paling banyak diminati yaitu Danau Bukit Suligi. Dengan demikian Danau Bukit Suligi merupakan salah satu objek wisata terbaik di kecamatan Tandun, Rokan Hulu  yang sangat layak di perkenalkan dan dipromosikan ditingkat nasional bahkan internasional. Jadi sebagai generasi muda mari perkenalkan objek wisata yang wilayah kita miliki. hal tersebut membuktikan bahwa  Kecamatan Tandun, Rokan Hulu  memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan agar keunikan dan keindahan alam yang dimiliki bisa dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional. Sebagai generasi muda, mari saling bekerja sama untuk menumbuhkan semangat membangun negeri dengan memperkenalkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh wilayah kita sendiri agar keunikan dan keindahan alam desa Sei Kuning kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu yang lain layak dikenal di seluruh penjuru negeri .

Penulis bernama Kuntum Khairu Ummah,  mahasiswa Prodi PBSI semester V, dibawah asuhan dosen Asih Ria Ningsih S.S., M.Hum.


Posting Komentar untuk "Wisata Danau Bukit Suligi, "Wajah Baru di Atas Air""

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.