Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Yayasan Alfarabi Bintang 33 Studi Banding ke Sekolah Alam Husna Pekanbaru

Penulis : Nuratika
 
Guru Sekolah Bintang 33 Ujungbatu Rohul

Jumat, 14-01-2022, Lenggokmedia.com. Yayasan Alfarabi Bintang 33 Ujungbatu melakukan studi banding ke sekolah Alam Husna Pekanbaru pada tanggal 07-01-2022 yang lalu. Sebanyak 5 orang yang hadir, terdiri dari 3 orang guru dari tingkat SD yaitu Ustadzah Juli dan Ustadzah Nia, dari Paud yaitu Ustadzah Wika, dan 2 orang pengurus yayasan Mike Martaleta, S.Sos., M.Pd dan Teguh Budiarto, S.Pd.

Mereka mengikuti serangkaian kegiatan yang disebut Literasi Survival ini selama 2 hari. Dimulai dari malam setelah magrib dan makan malam, diadakan diskusi mengenai  sekolah Alam. Dari semua peserta yang hadir tampak guru-guru sekolah Bintang 33 sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber, terbukti adanya pertanyaan dari pengurus yayasan, "Apa tantangam paling berat yang dihadai yayasan Husna, selama 9 bulan ini dan bagaimana menghadapinya?" 

Pertanyaan ini dijawab langsung oleh Berlian Nofrendi, S.Hum,. M.Pd, selaku kepsek sekolah Alam Husna Pekanbaru "Kami yakinkan masyarakat dengan cara meningkatkan prestasi anak, hal ini sudah kami buktikan selama 9 bulan ini, 3 karya tulis anak kami sudah terbit disalahsatu media online, dan konsep sekolah Alam sudah berhasil kami hadirkan dengan bukti adanya ladang sekolah yang berisi berbagai jenis tanaman yang menjadi laboratorium untuk anak didik kami," ungkap Berlian.  Pertanyaan ini juga dijawab oleh Kunni Masrohanti selaku narasumber malam itu, "Sebenarnya tantangan terberat itu adalah komitmen dan tekad dari dalam diri kita sendiri, sebesar apa niat tulus kita mampu berjuang tanpa henti sampai meraih tujuan kita."

Suasana malam makin menarik saat diskusi selesai para guru Bintang 33 menonton panggung seni, berbagai macam kreatifitas seni ini dapat nanti diadopsi untuk kemajuan kreatifitas nak didik di sekolah mereka. Ada penampilan puisi, monolog, syair, akustik dan musikalisasi.

Rangkaian studi banding ini diakhiri dengan penanaman pohon pada paginya. Tidak hanya menanam mereka juga dibekali ilmu pertanian langsung oleh Pak De (sebutan kepada pengurus ladang sekolah Alam Husna) mengenai ragam bercocok tanam dimulai dari pembibitan, merawat dengan sumber pupuknya mereka hasilkan dari kotoran kambing sendiri, hingga usia panen tanaman itu, juga pentingnya ilmu pembibitan yang dilakukan untuk masa depan.
Pak De, memberikan penjelasan mengenain pembibitan pohon aren untuk sungai di dekat ladang sekolah Alam







Posting Komentar untuk "Yayasan Alfarabi Bintang 33 Studi Banding ke Sekolah Alam Husna Pekanbaru "

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.