Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Karangan Eksposisi Tentang Dampak Negatif Percintaan

Karangan Ekposisi

Karangan eksposisi merupakan teks yang memuat dan menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sebenarnya. Informasi dalam karangan eksposisi disampaikan dengan singkat, jelas, padat, dan akurat.

Berikut contohnya:


Karangan Eksposisi Tentang Dampak Negatif Percintaan, yang ditulis oleh Aisyah Rahmadany Nasution Mahasiswa dari STKIP ROKANIA


Tesis
Dunia percintaan dimulai dari PDKT, jadian, putus, harapan palsu, sampai dengan di gosting. Dimana awalnya baik-baik saja kemudian menghilang bak ditelan bumi.


Argumentasi

Rasa suka memang hal yang wajar dan biasa dimiliki setiap manusia. Namun, sebagian orang tidak dapat membendung rasanya, seakan dia ingin orang yang di idam-idamkan menjadi miliknya. Hal ini kerap terjadi di kalangan remaja. Para remaja yang sudah putus, sebagian dari itu ada yang mengalami depresi, menangis, tidak bisa moveon, stress sampai ada juga yang  bunuh diri. Hal ini terjadi karena mengingat kenangan indah yang tidak terulang lagi, seperti dibelikan hadiah, pulsa, ditraktir makan, nonton, dan sebagainya.

Lebih fatalnya lagi, anak SD telah mengenal yang namanya pacaran. Hal ini disebabkan karena teknologi tanpa penyaring memberikan berbagai informasi terhadap pikiran polos mereka. Anak di bawah umur akan lebih banyak terdapat dampak negatif dibanding anak remaja. Dimana anak di bawah umur seharusnya lebih kerap bermain dengan teman atau keluarganya bukan bertindak untuk pacaran. Sedangkan anak remaja, masih bisa mengontrol emosinya karena akan menuju fase dewasa.


Penjelas

Masa remaja merupakan masa kehidupan yang diwarnai cinta dan penuh asmara (pubertas). Anak-anak remaja belum memperhatikan bahwa banyak dampak negatif yang akan terjadi dalam dunia percintaan. Misal remaja lebih memilih untuk menghabiskan  waktu bersama pacar dibandingkan menghabiskan waktu bersama orang tua. Terkadang remaja terbiasa berbohong terhadap keluarga demi ngedate dengan si pacar. Hal ini akan berdampak buruk dalam pergaulan keluarga. Banyak godaan yang akan mempengaruhi anak remaja, misal seks bebas yang akan membuat masa depan hancur dan rasa malu akan ditanggung sendiri.


Penulis adalah mahasiswa STKIP Rokania kabupaten Rokan Hulu.


Posting Komentar untuk "Karangan Eksposisi Tentang Dampak Negatif Percintaan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.