Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Sejak Dini

Mengapa sangat penting belajar Bahasa sejak dini? 

Karena Bahasa Indonesia  adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sebagai rakyat Indonesia kita harus menjadikan bahasa Indonesia sebagai suatu alat komunikasi, dimana alat komunikasi disini seperti gadget, laptop dan sebagainya sebagai identitas Negara yang diakui oleh undang-undang. Bahasa Indonesia mengajarkan kita bagaimana cara berbahasa dan bertutur kata yang baik dan benar. Selain itu, bahasa Indonesia juga dapat menumbuhkan rasa kesopan-santunan.

Bahasa Indonesia adalah gabungan dari beberapa Bahasa yaitu Bahasa Melayu, Bahasa daerah dan Bahasa asing. Bahasa Indonesia tidak boleh dilupakan, untuk itu harus terus dipelajari sampai kapan pun karena masih banyak yang belum diketahui bagaimana cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia masuk dalam kategori mata pelajaran yang wajib. 

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Karena itulah bahasa indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang berbeda-beda ini. Kedudukan bahasa Indonesia yaitu sebagai bahasa nasional pada saat sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Banyak orang menganggap tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia karena merasa bahwa bahasa Indonesia yang terkesan baku. Memang alasan ini cukup bisa diterima, bahasa Indonesia tidak hanya mengajarkan kalimat baku dan sebagainya tetapi juga mengajarkan mengenai intonasi, penekanan kalimat, dan etika berbicara kepada orang lain. Dititik inilah bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari. 

Bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari secara baik dan benar sebagai alat untuk mengenali dan mengembangkan kebudayaan serta hasil karya bangsa, seperti hasil karya puisi, syair, cerita, dan lainnya. Agar karya dari bangsa tetap bisa dikenali seterusnya maka harus belajar menggunakan dan mempelajari bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Bahasa juga disebut sebagai simbol.

Sebenarnya bahasa itu apa sih? Bahasa yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Language berasal dari bahasa latin yang berarti "Lidah". Secara universal pengertian bahasa ialah suatu bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ucapan. Ucapan inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Dengan berbicara manusia mengungkapkan hal yang nyata atau tidak, yang berwujud maupun yang kasat mata, situasi dan kondisi yang lampau, kini, maupun yang akan datang. Bahasa menjadi lambang yang paling banyak digunakan dalam proses komunikasi merupakan suatu hal yang jelas karena hanya bahasalah yang dapat 'menerjemahkan' pikiran seseorang kepada orang lain (Omong Uchjana Effendy:1994). Fungsi bahasa Indonesia yaitu sebagai bahasa nasional seperti lambang kebanggaan nasional, lambang identitas nasional, alat pemersatu berbagai suku bangsa dan alat komunikasi. Fungsi bahasa Indonesia juga disebut bahasa negara yang di gunakan sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar dalam dunia pendidikan dan sebagai alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa bahasa terdiri atas kata-kata atau kumpulan kata. Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi atau sarana untuk menyampaikan informasi. 

Dalam bahasa pasti ada syarat atau aturan tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya seperti dalam bahasa Indonesia terdapat SPOK (Subjek, Predikat, Objek dan Keterangan), selain itu juga aturan yang juga sudah ditetapkan oleh para ahli bahasa indonesia yaitu EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) serta tanda baca.

Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional merupakan usulan dari Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat menyatukan persatuan seluruh rakyat Indonesia, hal ini tentu sangat penting untuk kehidupan masyarakat Indonesia sendiri.

Menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) & tanda baca. 

Tanpa tanda baca dan EYD tentu kita akan sulit berbahasa Indonesia yang baik dan benar, karena bahasa Indonesia banyak diserap dari bahasa melayu. Hal ini menjadikan EYD dan tanda baca menjadi begitu penting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat karena dapat membantu kita berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama masyarakat Indonesia.

Penulis: Aulia Maulid Dita




Posting Komentar untuk "Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Sejak Dini"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.