Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aek Sijorni, Keindahan Air Terjun di Tapanuli Selatan

Aek Sijorni Tapanuli Selatan Keindahan Alami

Wisata Aek Sijorni (AS) wisata alam air terjun yang memukau mata hingga rasa. Aek dalam bahasa setempat (Bahasa Mandailing) berarti air sedangkan Sijorni artinya jernih. Jadi Aek Sijorni artinya Air Jernih. Air terjun ini melintasi batu cadas terjal serta air senantiasa jernih dan dikelilingi pohon kelapa yang berjejer tinggi memanjakan panorama. 

(Gambar :  Air Terjun Aek Sijorni by Arnita Adam)

Air terjun ini sangat indah, terlihat dari bentuk air batu terjal bersusun tak beraturan membuat air terjun Aek Sijorni sangat indah itu tampak luar biasa. Aliran airnya yang cukup deras terus mengalir sehingga menimbulkan suara gemericik serta menenangkan.

Air terjun Aek Sijorni berada di Jalan Lintas Sumatera Barat, Bukit Tinggi-Padang Sidempuan Dusun Aek Sijorni  Kelurahan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.  Rute aspal hitam terbetang dari Padang Sidempuan kira-kira 30 kilometer menuju Aek Sijorni  ditempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan mobil. 

(Gambar: Suasana Wisata Aek Sijorni by Nisma Novita)

Wisata Aek Sijorni merupakan gabungan wisata alam dan  waterpark.  Air terjun Aek Sijorni berdiri dengan ketinggian sekitar 10 Meter, kondisi airnya mengalir dengan deras dan berwarna putih bersih. Ditambah dengan hiasan beberapa pohon kelapa yang hadir di sekitar air terjun.

(Gambar :  Jembatan gantung menuju Air terjun Aek Sijorni by Ellys. C. P. Siburian)

Banyak ragam wisata sangat cocok untuk datang bersama keluarga dan sahabat ketika mengunjungi  wisata Aek Sijorni, menjadikan lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung apalagi jika weekend tiba dan pada hari-hari libur Nasional.

(Gambar:  Perpaduan kolam renang modern dan air terjun Aek Sijorni by Jefry Pulungan)

Ketika tiba di lokasi wisata ini,  jika membawa kendaraan biaya parkir sangat terjangkau. Saat memasuki kawasan wisata ini melalui sebuah jembatan kayu sedikit goyang-goyang karena merupakan jembatan gantung akan dikenakan karcis bagi pengunjung dewasa hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah) dan anak-anak sebesar Rp. 5.000,00 (Lima Ribu Rupiah) pada saat hari biasa, sedang untuk hari libur atau weekend akan dikenakan Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) bagi anak-anak dan  Rp 20.000 (Dua Puluh Ribu Rupiah) bagi dewasa.  Namun tiket akan bayar lagi ketika pengunjung hendak masuk ke jenjang berikutnya, karena memang wisata Aer Sijorni ini bertingkat-tingkat, jadi kalau ingin sampai ke puncak akan dikenakan tiket lebih kurang tiga kali.  Wisata Aek Sijorni buka mulai pukul 7:00 wib dan tutup pada pukul 18:45 wib. 

(Gambar: Keindahan air terjun Aek Sijorni by Purnomo)

Fasilitas yang tersedia di Wisata Aek Sijorni cukup memadai, lahan parkir, toilet, musholla, gazebo dan warung makan serta kios untuk beli oleh-oleh khas Tapanuli Selatan juga ada.

(Gambar: Air Terjun Aek Sijorni by Stephani Anjar)


Penulis: Arnita Adam

(Novelis, Jurnalis dan Traveler)

Editor: Nur Atika













Posting Komentar untuk "Aek Sijorni, Keindahan Air Terjun di Tapanuli Selatan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.