Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Syamsurizal Rencanakan Festival Lintas Budaya Menjadi Program Tahunan

(Berfoto bersama setelah pembukaan)

Dinas Kebudayaan Provinsi Riau gelar Festival Lintas Budaya di Ujungbatu, Selasa (6/12/2022). Kegiatan tersebut merupakan Pokir dari Anggota Dewan Provinsi Riau, Syamsurizal, S.T,MT. Selain dihadiri oleh Syamsurizal, S.T,MT, terlihat juga Camat Ujungbatu, dan Kabid Pelestarian Adat dan Nilai Budaya, dan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. Acara tersebut dilaksanakan mulai Pukul 16.00-hingga malam di Lapangan Kerapatan Adat (LKA) Ujungbatu. Dalam kegiatan tersebut menampilkan budaya-budaya yang ada di Rokan Hulu. Untuk kegiatan Festival Lintas Budaya tahun 2022 tersebut menampilkan 11 item pertunjukan dari berbagai komunitas yang ada di Rokan Hulu, diantaranya untuk sesi 1, Penampilan Silek Tigo Bulan oleh Grup Putra Melayu,  Tor-tor Batak oleh Grup Lentera, Onduo Rokan o noleh Grup Rumah Seni Sastra Lisan Koba, dan  Tari Merak oleh Grup Gemilang. Sementara itu untuk Sesi 2 diantaranya, Gondang Borogong, Ratik Togak oleh grup Ratik Ilahi,Tari Gelombang oleh Grup Sanggar Grenek, Tari Kreasi Ini Sirah oleh Rumah Seni Balai Proco, Tor-Tor Mandailing oleh Ruko Martinas, Tari Kreasi Munyosah oleh Balai Proco, dan Reog Ponorogo oleh Grup Gema Persada. 

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Kabid Pelestarian Adat dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Isrok Fiddin,S.H. Beliau menjelaskan kegiatan tersebut menjalankan UUD nomor 5 Tahun 2017."Kegiatan Festival Lintas Budaya ini menjalankan UUD nomor 5 Tahun 2017,Tentang Pemajuan kebudayaan. UUD tersebut mengarahkan 10 Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang tertuang dalam UUD tersebut", ujarnya saat di wawancara.

(Menyanyikan lagu Indonesia Raya, seluruh hadirin berdiri)

Dalam sambutannya, Syamsurizal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan budaya-budaya yang ada di Rokan Hulu."Festival Lintas Budaya ini bertujuan untuk mempererat antar etnis suku yang ada di Rokan Hulu, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di Rokan Hulu dan akan menjadi agenda Tahunan nantinya", ungkapnya.

Camat Ujungbatu, juga menyambut baik dengan kegiatan yang di taja oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau tersebut."Alhamdulillah, kami sebagai pihak kecamatan Ujungbatu menyambut dengan baik kegiatan Festival Lintas Budaya ini, karena seperti yang kita ketahui Ujungbatu merupakan Tanah Berlebih yang banyak ditempati oleh berbagai macam etnis suku, semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Rokan Hulu", ujarnya. (Lin)











Posting Komentar untuk "Syamsurizal Rencanakan Festival Lintas Budaya Menjadi Program Tahunan"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.