Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Konsep Unik dari Travel Umroh CINTA "Cahaya Insan Tafakkur"

 
(Gambar : Jajaran Direksi dan Managemen PT. Cahaya Insan Tafakkur)

PT. Cahaya Insan Tafakkur

Travel Umroh Cahaya Insan Tafakkur grand opening di Pasir Pengaraian hari ini, Selasa, 20 Juni 2023.  Turut hadir Bupati Rokan Hulu diwakili oleh Asisten Kemasyarakatan dan SDM, Suharman Nasution, S. I.P., M.M.  dan Kementrian Agama Rokan Hulu yang diwakili oleh Kasi Haji dan Umroh Bapak H. Martilevi Shaleh, M. Sy. sebagai Kasi Haji dan Umroh beliau mengatakan dalam pidatonya bahwa, "travel Umroh Cahaya Insan Tafakkur ini memang baru dibuka, tetapi saya sudah kenal tim dan leadernya sudah sejak lama dan profesional dalam travel umroh ini". Terbukti salahsatu dari rombongan, Suharman Nasution, S.I.P., M.M. sebagai Asisten Kemasyarakatan dan SDM Rokan Hulu mendaftar secara langsung dua orang untuk berangkat ke Tanah Suci bersama travel Umroh ini.

 
(Gambar : Kasi Umroh dan Haji memasuki gedung PT Cahaya Insan Tafakkur)

 
(Gambar : Pegawai Travel sedang mempersiapkan dokumen untuk persiapan umroh dan haji)

Travel Cahaya Insan Tafakkur yang disingkat dengan CINTA memiliki konsep yang berbeda dan unik dari travel-travel umroh lainnya, konsep tafakkur yang menjadi kata kunci sesuai dengan nama travel ini memberikan gambaran bahwa ada sifat yang akan dibawa dan terus melekat pada jema’ah mereka nanti. Travel ini tidak hanya menawarkan paket untuk keberangkatan ke Tanah Suci saja tetapi wisata ke tempat lain juga, baik dalam negeri maupun luar negeri, seperti yang terlihat pada gambar didinding kantor ini ada Negara Mesir, Thailand, Malaysia, Singapura, Eropa dan negara lainnya. 

Ungkap Ustad H. Rasmin Damri Lubis, Lc seorang pendakwah sekaligus komisaris travel ini yang sudah lama berkecimpung di dunia travel umroh dan pernah tinggal di Mesir, beliau mengatakan bahwa, "Bila ingin perubahan yang baik kita harus punya tujuan yang jelas, prinsip yang kuat dan komitmen menjalankan niat. Kita boleh bebas berekspresi dalam membangun tim, kami mempersiapkan leader-leader yang profesional dan memahami filosofi dari travel Cahaya Insan Tafakkur yang menjadi tujuan travel ini".  Sebagai Komisaris Utama PT. Cahaya Insan Tafakkur H. Rasmin Damri Lubis, Lc menyampaikan tujuan dan filosofi dari nama PT Cahaya Insan Tafakkur. Beliau menyampaikan filosofi yang menjadi tujuan serta harapan kemudian menjadi do'a mereka dari nama PT Cahaya Insan Tafakkur ini.

Pertama, Cahaya

Cahaya yang dimaksud pada nama travel ini bukanlah cahaya yang diartikan secara umum, yang pancaran sinarnya dapat kita lihat secara kasat mata. Tentu tidak mungkin ada cahaya bila seseorang pulang dari perjalanan umroh, tetapi ialah manusia yang mampu memberikan  efek positif kepada orang-orang disekitarnya setelah mendapatkan ilmu dari perjalanannya. Cahaya ilmu dan imannya mampu memberikan penerangan di tengah-tengah masyarakatnya. 

 

 
(Gambar : Pegawai Travel umroh dan oleh-oleh umroh)

Kedua, Insan

Kata insan diambil dari sebuah surah dalam Al-Quran yaitu Surah Al-Insan (Arab: الْاٍنسان , “Manusia”) adalah surah ke-76. Surah ini tergolong surah Madaniyah yang terdiri atas 31 ayat. Dinamakan Al-Insan yang berarti Manusia diambil dari kata Al-Insaan yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Insan berarti manusia dalam arti yang sebenarnya. Insan tidak menunjuk pada manusia biologis. Insan lebih terkait dengan kualitas luhur kemanusiaan. Ali Shari’ati menyatakan bahwa,”tidak semua manusia adalah insan, namun mereka mempunyai potensialitas untuk mencapai tingkatan kemanusiaan yang lebih tinggi. Manusia yang diharapkan pada Travel CINTA ini adalah manusia yang betul-betul mampu memiliki kepekaan mengajak kepada kebaikan.

Ketiga, Tafakkur

“Tafakur berasal dari kata kerja tafakkara yang artinya mempertimbangkan atau memikirkan” ucap Ustad Rasmin.

Tafakkur melibatkan dua faktor penting yaitu hati sebagai objek tadabbur (penghayatan) dan akal dalam proses tadzakkur (mengingat-ingat).  Dalam proses keduanya dinamakan tafakkur (berpikir). Tafakkur menghasilkan ilmu pengetahuan. Al-Ghazali dalam Ihya> Ulumuddi>n menyatakan, “Buah dari tafakkur itu adalah ilmu pengetahuan, hal ihwal, dan amal perbuatan. Tetapi buahnya yang khusus adalah ilmu, tidak yang lainnya. Apabila ilmu berhasil di dalam hati, maka keadaan hati menjadi berubah. Apabila keadaan hati telah berubah maka amal perbuatan akan mengikuti keadaan. Keadaan mengikuti ilmu dan ilmu mengikuti pikiran. Jadi, tafakkur adalah dasar dan kunci bagi segala kebaikan semuanya. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Ibn Qayyim al-Jauziyyah bahwa kegiatan berpikir atau tafakkur, akan mengarahkan seseorang pada kedalaman makna objek ilmu pengetahuan. Tafakkur yang menjadi tujuan dari travel ini ialah sifat yang tidak hanya bersyukur dengan apa yang telah ia lihat, rasakan ataupun ia miliki, tetapi lebih dari pada itu mampu berbagi segalanya terutama dari segi pengetahuannya terhadap kebesaran Allah.

“Bentuk program ini, bagaimana agar jema’ah betul-betul bisa mendapatkan sifat ketafakkuran itu selama perjalanannya bersama travel Cahaya Insan Tafakkur ini. Di satu sisi tidak hanya sekedar beribadah tetapi juga sekaligus mampu melihat dengan cerdas tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Tujuan utama travel ini, menyediakan berbagai solusi mempermudah masyarakat dan calon jama’ah untuk berangkat ke Tanah Suci” tutur Ustad Rasmin.

Tidak lengkap rasanya bila diakhir acara tidak berbagi, sesuai dengan konsep tafakkur itu sendiri, maka dalam kesempatan ini pimpinan dibantu oleh stafnya memberikan santunan kepada sekitar 30 anak yatim dari Panti Al-Uswah yang hadir bersama-sama di Gedung PT. Cahaya Insan Tafakkur di jalan Diponegoro, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

 

 
(Gambar : Anak-anak yatim berfoto setelah menerima santunan)

Info pendaftaran lebih lanjut dapat menghubungi  081269345833 (Chairunnida Lubis) dan 082288331181 (Andrimar, M. Pd.)


Penulis : Nuratika

Editor : Arnita Adam

Posting Komentar untuk "Konsep Unik dari Travel Umroh CINTA "Cahaya Insan Tafakkur""

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke dengan subjek sesuai nama rubrik ke https://wa.me/+6282388859812 klik untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.