Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jembatan Barelang Menyatukan Batam, Rempang dan Galang

 Jembatan Barelang Menyatukan Batam, Rempang dan Galang

Gambar: Berswafoto di jembatan Barelang Batam

         Jembatan sambung-menyambung dari Batam, Rempang, dan Galang, lebih dikenal dengan singkatan Barelang.  Merupakan tempat yang sangat bagus untuk bersantai sore hari.  Jembatan ini menghubungkan beberapa pulau di Provinsi Kepulauan Riau antara lain, Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Gambar: Jembatan Barelang di malam hari

         Jembatan yang memakan biaya Rp 400 Miliar digagas oleh Presiden Indonesia ke -3 Bapak BJ. Habibie ini, merupakan ikonik Pulau Batam rasanya belum ke Batam kalau belum mengunjungi jembatan ini.  Pembangunan jembatan ini dimulai tahun 1992 hingga rampung pada tahun 1998 oleh ratusan insinyur dari negeri ini.

 
Gambar: Jembatan Barelang

        Ada enam jembatan yang menghubungkan pulau-pulau tersebut dengan nama tersendiri yakni jembatan pertama, Jembatan Tengku Fisabilillah.  Jembatan kedua, Jembatan Nara Singa, jembatan ketiga, Jembatan Raja Ali Haji. Jembatan keempat, Jembatan Sultan Zainal Abidin, jembatan kelima, Jembatan Tuanku Tambusai, jembatan keenam, Jembatan Raja Kecik. Semua nama-nama tersebut merupakan tokoh ternama Kepulauan Riau dan Riau.

       Bila bepergian sendirian tidak masalah untuk tetap mengunjungi jembatan ini dengan mudah dan murah, pasalnya ada bus DAMRI dan angkot serta ojek online yang lalu lalang ke jembatan ini,  akan lebih indah lagi jika dikunjungi pada sore hari, terlebih lagi jika merasa lapar ada banyak restoran yang buka pada sore hari hingga malam, menjadi pengalaman berpetualang semakin mengasikkan.

Gambar: Jembatan Barelang


Penulis Arnita Adam
Editor: Nuratika

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Jembatan Barelang Menyatukan Batam, Rempang dan Galang"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.