Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penulis Lenggok Media Production mengikuti BIMTEK Penulisan Cerita Anak Rokan Hulu

Pembukaan BIMTEK Penulisan dan Penerjemahan Cerita Anak Dwibahasa di Kabupaten Rokan Hulu

Pasir Pangaraian (7/3) Guna meningkatkan mutu pendidikan serta  meningkatkan gerakan literasi, Balai Bahasa Provinsi Riau bekerjasama dengan  Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Penulisan dan Penerjemahan Cerita Anak Dwibahasa Rokan Hulu yang dilaksanakan pada tanggal 7-9 Maret 2024 di Aula SMA Negeri 1 Rambah.

 
(Gambar:  Pembukaan BIMTEK Penulisan dan Penerjemahan Cerita Anak Dwi Bahasa Rokan Hulu)
 

Penulisan Cerita Anak untuk jenjang pembaca B-2 dengan perkiraan usia pembaca 7-9 tahun mengusung tema antara lain;  Alam dan Lingkungan, Ekonomi Kreatif, Matematika, Pengembangan Diri, Sains, Seni Budaya, Tokoh dan Pariwisata.

Kegiatan dibuka oleh  Bapak Kepala Perpustakaan dan Badan Arsip Kabupaten Rokan Hulu yang diwakili oleh Bapak Sumardi,  S.S. M.Si.  dalam sambutannya beliau menyampaikan “kita tahu bahwa penulisan cerita anak sangat penting,  karena memiliki dampak yang sangat besar sekali.  Maka oleh sebab itu diharapkan di masa mendatang dapat ditindaklanjuti oleh para instansi terkait serta para penulis.  Dalam kegiatan ini izinkan saya menyampaikan sekilas tentang literasi di Rokan Hulu,  tokoh literasi Rokan Hulu yakni Bapak Mahidin Said merupakan  penggerak literasi Rokan Hulu,  beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas pendidikan Provinsi Riau karena semangat yang ditebarkan beliau hingga Akhirnya Rokan Hulu mendapat bantuan DAK hingga dibangunnya Perpustakaan Mahidin Said di Kabupaten Rokan Hulu”

(Gambar:  Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau Memberikan Materi Bimtek)
 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau.  Bapak Machsum,  M.Ag.  dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk  melahirkan cerita anak dari Rokan Hulu yang dibimbing langsung oleh para penulis yang merupakan pemenang cerita anak sebelumnya yakni ibu Noviani Nurbalian dan Kamalia, S.Pd. Peserta BIMTEK sebanyak 30 peserta nantinya, cerita anak yang dihasilkan penulis Rokan Hulu ini akan dipilih 9 naskah terbaik,  sedangkan naskah yang lainnya akan dibukukan dalam buku antologi.  Semua kegiatan dilakukan untuk memperbaiki literasi di Indonesia  karena pengembangan literasi itu  ditingkat menengah sudah dikembangkan melalui  kegemaran membaca,  sementara kegemaran membaca diawali dari ketersediaan buku-buku yang menarik dan berkualitas.

(Gambar:  Kata Sambutan dari Perpustakan dan Badan Arsip Kabupaten Rokan Hulu diwakili oleh Bapak Sumardi, S.S., M.Si)

Kegiatan yang terselenggara dari kolaborasi dua lembaga yang sama-sama memberikan pengajaran ini adalah Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penulisan dan penerjemahan cerita anak Dwibahasa Kabupaten Rokan Hulu tahun 2024,  terselenggara atas kerjasama Balai Bahasa Provinsi Riau dan Perpustakaan dan Badan Arsip Kabupaten Rokan Hulu, Komunitas literasi Rokan Hulu yaitu Lenggok Media Production dan Forum Lingkar Pena serta  SMA Negeri 1 Rambah.  Noezafri Amar sebagai ketua panitia mengatakan kegiatan ini bisa di ikuti masyarakat luas setelah beberapa hari yang lalu dibuka pendaftarannya secara online dengan mengisi google form.


                                        (Gambar:  Peserta BIMTEK Rokan Hulu mendengarkan materi)

Program yang ingin memaksimalkan potensi masyarakat dalam menulis, membimbing, mendukung serta turut membantu penulis dalam penerbitan buku bermutu hingga ISBN.  Kegiatan ini dihadiri Bapak  kepala Balai Bahasa Provinsi Riau.  Bapak Toha Machsum,  M.Ag.  Bapak Kepala Perpustakaan dan Badan Arsip Kabupaten Rokan yang diwakili oleh Bapak Sumardi,  S.S.  M. Si.  Hadir pula bapak Kepala SMA Negeri 1 Rambah Bapak Kisman.  Serta para pemateri dan peserta. 

 
(Gambar:  Peserta BIMTEK Rokan Hulu)

Peserta yang lolos seleksi dalam kegiatan BIMTEK ini adalah para penulis Rokan Hulu yakni  Arnita Adam, Reni Juniarti, Nuratika, Nurmalasari, Rita Arianti, Misra Nofrita, Lita Syahrini, Harry persada, Resva Nur Amami, Anisa,  Disnia,  Refniyati, Erlindawati, Asih Ria Ningsih, Sarif Alamsyah, Rosinda, Andrimar AR, Desi lestari, Fadlan Minallah, Rizka Ayu Damayanti, Rido al fatri, Nurhikma,  Lita Syahrini, Muslim almaiz Rokan, Ervina. Shaqena Adhelea. E, Anida dan Septi Afriani. 20 diantaranya adalah penulis dari Lenggok Media Production

 

Penulis: Arnita Adam

(Jurnalis ,  Novelis dan Traveller)

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Penulis Lenggok Media Production mengikuti BIMTEK Penulisan Cerita Anak Rokan Hulu"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.