Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Bersikap Apatis Terhadap Penilaian Orang Lain

 Cara Bersikap Apatis Terhadap Penilaian Orang Lain

Oleh: Nur Insani

 


Pernah gak sih teman-teman semua merasa diri tidak pantas untuk siapa pun? Merasa semua yang dilakukan dianggap remeh oleh orang lain? Atau bahkan merasa bahwa setiap yang dikerjakan selalu salah. Kalau pernah, kamu sudah termasuk orang yang tidak percaya pada diri sendiri. Penting diketahui kesehatan mental adalah hal utama yang harus kamu jaga.

Menurut data yang dimuat laman Our Better World dari data Kementerian Kesehatan 2013, sekitar 9 juta penduduk Indonesia mengalami depresi. Ada pun sebagai akibatnya ditemukan 3,4 kasus bunuh diri per 100.000 orang di Indonesia. Sementara itu, pada 2019 WHO mencatat sekitar 300 juta orang di seluruh dunia telah mengalami depresi. Sebanyak 15,6 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Salah satu faktor penyebab depresi adalah tidak bisa menjaga diri terhadap penilaian orang lain.

Wah bahaya banget ya guys, ternyata hanya dengan omongan orang lain pada diri sendiri  mampu membuat kesehatan mental menjadi rusak. Nah, gimana sih caranya agar bisa bersikap apatis terhadap penilaian orang lain? Yuk, simak artikel berikut ini.

  • 1.    Kenali diri sendiri

Pada proses mengenali diri sendiri kamu harus tahu apa yang kamu sukai, Potensi apa yang kamu miliki dan apa tujuan hidupmu. Memang berat untuk melihat siapa dirimu, namun percayalah tidak ada satu pun orang yang berhak mengatur jalan hidupmu. Sesekali kamu perlu memberikan dirimu ruang agar bisa beristirahat sejenak dan bisa mencintai diri sendiri. Lakukan apa pun yang kamu sukai tanpa harus berfikir bagaimana omongan orang lain pada dirimu. Mengerjakan apapun yang kamu suka membantumu memahami passion yang bisa membuatmu berkembang pesat.

2.     Pandang semua hal secara positif

Kalau semua hal kamu pandang positif, kamu bakalan dapat manfaat yang postif juga walupun, hal itu baik atau buruk, bahkan tanggapan orang lain yang tidak setuju pada diri kamu, namun kamu bisa menanggapinya secara positif. Jika kamu menyikapi secara positif, kamu tidak akan mudah percaya pada hal-hal yang membuat dirimu tidak berkembang dalam apapun. Yang perlu diingat cara kamu merespon tindakan orang lain akan menunjukkan siapa kamu yang sebenarnya.

  • 3.         Fokus pada diri sendiri

Jika selama ini kamu terus-menerus gagal dengan cita-cita yang ingin kamu gapai, ada saatnya kamu berhenti dan lihat arah fokusmu. Apakah kamu lebih banyak melihat kekurangan dan terlalu ingin mengubah kekurangan tersebut? Sebenarnya yang kamu butuhkan adalah dengan tidak melihat apapun yang sudah di capai orang lain. Lakukan apapun itu walupun semuanya terlihat mustahil untuk di wujudkan. Fokus pada diri sendiri tanpa memikirkan apa hasil dari semuanya karena menikmati proses jalan hidupmu salah satu bukti bahwa kamu bisa menerima apapun kekurangan dirimu.

     4.    Terima kritik dengan bijak

Ketika kamu mendapat kritikan dari orang lain pasti terdapat rasa ingin membalas kritikan tersebut. Namun, dari pada membalas perkataan tersebut lebih baik diam dan dengarkan perkataan mereka. Perlu diingat bahwa kritikan bukan sebuah serangan. Cobalah redam emosimu dan jadikan kritik tersebut menjadi acuan motivasi untuk perkembangan dirimu.

5.    Pentingkan diri sendiri tanpa merugikan orang lain

Bersikap bodo amat tidak boleh diartikan sebagai egois atau merugikan orang lain. Kebahagian diri sendiri memang hal utama yang harus dimiliki. Namun, bukan berarti menjadikan dirimu orang yang tidak memiliki perasaan pada orang lain. Ingatlah bersifat bodo amat bukan berarti tidak menghargai orang lain  atau bahkan tidak memikirkan perasaan orang lain.

 

Biodata Penulis :


Nama: Nur insani
Nim: 2303002
Prodi: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
TTL:kaiti, 19-08-2005

Posting Komentar untuk " Cara Bersikap Apatis Terhadap Penilaian Orang Lain"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.