Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantun Jenaka oleh Bambang Irawan

 

PANTUN JENAKA
(Bambang Irawan)

 

Pantun jenaka merupakan salah satu jenis pantun yang disampaikan dengan tujuan untuk menimbulkan candaan atau humor kepada pembaca atau pendengarnya. Nah, kali ini penulis membuat pantun jenaka yang terdiri atas enam bait. Mudah-mudahan dengan hadirnya pantun jenaka ini dapat menghibur para pembaca sekalian. Tidak hanya itu, pantun jenaka ini diharapkan dapat membangun keakraban antara penulis dan pembaca. Selamat membaca!

 

Jalan-jalan ke Pulau Jawa

Di perjalanan ada lubuk buaya

Sakit perut menahan tawa

Melihat kakek memakai kebaya

 

Apa guna memakan cempedak

Cempedak dimakan di Kota Ambon

Apa guna beristri cantik

Kalau memasak nasinya aron

 

Sungguh lincah si burung laut

Hidup dan terbang di Pulau Tidore

Kalau adek ingin melepas kentut

Jangan lupa memberi kode

 

Sungguh enak si buah rambutan

Lebihlah enak si buah durian

Janganlah Melotot membawa makan

Kalau membayar kabur duluan

 

Sungguhlah tampan si anak Batak

Sudahlah tampan tidak merokok

Cucu tertawa terbahak-bahak

Melihat nenek bermain tiktok

 

Burung unta burung emu

Keduanya burung terbesar di dunia

Obrolan mertua terlalu menggebu

Hingga tak sadar giginya copot semua

 

 

 

Profil Penulis

 

BAMBANG IRAWAN, lahir pada tanggal 13 Mei 1987 di Desa Kp. Panjang Kampar. Penulis merupakan alumni S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau di Pekanbaru (2009), Pendidikan Profesi di Universitas Muhammadiyah Malang (2019), dan S2 di Pascasarjana Universitas Bung Hatta (2020). Dalam kesehariannya, penulis merupakan abdi negara yang bertugas di SMP N 9 Pekanbaru, dan di Pondok Pesantren Darul Fatah Kampar, sekaligus dosen mata kuliah kebahasaan di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang.  Penulis merupakan Ketua Daerah IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kampar Ketua MGMP Bahasa Indonesia MA Kemenag Kampar, dan anggota komunitas menulis FLP (Forum Lingkar Pena) Kampar. Dengan memiliki hobi menulis, penulis memiliki moto “Bertekad Menulis demi Menginspirasi.” Buku yang ditulis penulis berjudul “Badai yang Terhempas”, “Romansa Bersamamu (Kumpulan Puisi)”, “Lautan Kasih Bunda (Kumpulan Puisi)”, “Revolusi Kehidupan (Kumpulan Puisi)” Hamparan Sajadah Cinta (Antologi Puisi)”, dan “Kampung Kemenangan (Antologi Cerpen)”. Media sosial penulis yaitu: WA: 0812 7574 3547, IG: bambang_irawan1305, dan FB: Bambang Irawan.

 

 

Posting Komentar untuk "Pantun Jenaka oleh Bambang Irawan "

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.