Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Muhammad Nur, Budidaya Anggur dengan Teknik Grafiting

 


LenggokMedia.com--Tidak mudah dan tidak banyak yang mengembangkan budidaya bibit anggur impor di Kabupaten Rokan Hulu. Muhammad Nur merupakan salah satu Alumni Mahasiswa STKIP ROKANIA, beliau merupakan salah satu masyarakat Rokan Hulu yang sukses dalam membudidayakan tanaman anggur impor. Tidak hanya sendirian beliau ditemani oleh keluarga, dikatakan pada Tim Jurnalis Lenggok Media “Memang Proses Pembudidayaan Anggur ini membutuhkan waktu yang sangat panjang, Dibutuhkan kurang lebih satu tahun untuk berbuah”. 

Memang kebun anggur yang dimiliki oleh satu keluarga yang terletak di Desa Sukamaju Kecamatan Tambusai sempat mendadak viral di Kabupaten Rokan Hulu, Dilangsir dari akun Youtube Muhammad Nur Official, ternyata Bupati Rokan Hulu H. SUKIMAN telah berkunjung ke kebun anggur milik keluarga Muhammad Nur. 

Dalam wawancaranya Bupati mengatakan Budidaya tanaman anggur ini langka di Kabupaten Rokan Hulu, selain itu beliau mengatakan Budidaya Tanaman Anggur ini terus dikembangkan sehingga menjadi contoh bagi masyarakat lain. Selanjutnya Muhammad Nur memberitahu kepada semua orang, resep cara pembibitan anggur agar bisa tumbuh dengan teknik Grafiting melalui akun youtubenya.

Alat dan Bahan teknik Grafiting ini yaitu:

  1. Pisau Kater

  2. Plastik wrap

  3. Entres Anggur

  4. Rootstok (Batang Anggur)

Cara Pembuatan:

  1. Potong Entres yang telah dipilih kurang lebih 10 cm (pastikan entres dalam kondisi sehat dan pastikan ada bud atau mata tunas yang nanti akan tumbuh)

  2. Kemudian tempelkan atas entres dengan menggunakan plastik Wrap

  3. Bongkar batang bawaan anggur (Rootstock) yang telah ada dalam Polibet 

  4. Belah cabang Rootstock menjadi dua bagian kira-kira satu setengah meter (usahakan cabang tidak terbuang/lepas)

  5. Selanjutnya iris miring dua sisi entres kemudian tempelkan dengan rootstock yang telah dibelah menjadi dua tersebut.

  6. Kemudian ikat lagi dengan menggunakan plastik wrapnya lalu tanam di Polibet Rootstock tadi.

Selama setahun ini, Muhammad Nur sudah lumayan banyak membudidayakan varietas anggur. Metode yang ia terapkan dengan teknik Grafiting dapat meminimalisasi modal awal budidaya. Terkait perawatan, ternyata setiap varietas anggur berbeda-beda. Perlu mempelajari secara bertahap karakterisrik varietasnya. Namun, intinya pohon anggur ini harus dirawat setiap hari untuk melihat kondisi daun dan tangkai.

Muhamad Nur berusaha meracuni warga Kabupaten Rokan Hulu agar banyak tertarik bertanam pohon anggur. Melalui Akun Youtube yang dia buat, mengajak dalam hal mengolah budidaya anggur.


Penulis: Fahri Siregar


1 komentar untuk "Muhammad Nur, Budidaya Anggur dengan Teknik Grafiting"

Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.