Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sensasi Menunggang Kuda di Wisata Alam Sherena Stable Rokan Hulu

LenggokMedia.com--Wisata Alam Sherena Stable (WISS) hadir dengan konsep wisata alam dan wisata edukasi di Rokan Hulu, tempat wisata ini  terletak di jalan  Teddy, Lintam RT 07 RW 03 kota Ujung Batu.  Wisata yang ditawarkan juga bermacam-ragam, mulai dari wisata keluarga, rekreasi, edukasi, kebun binatang mini, latihan memanah, dan latihan berkuda serta wisata keluarga.  Untuk aktivitas keluarga,  Sherena Stable menyediakan Camping Ground, hutan kota dan tempat santai di restoran, Sherena Stable memang disetting sebagai wisata keluarga sembari edukasi bagi anak-anak.  Wisata Sherena Stable mempunyai lahan 4,5 hektar  di area strategis yang mudah diakses.

"Segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan zikir dan menyebut nama-Nya maka itu adalah senda gurau semata, kecuali empat perkara yakni memanah, latihan menunggang kuda, bermain dengan keluarga, dan belajar berenang"  Hadist ini menjadi pondasi kuat bagi pemilik tempat wisata ini yaitu Bapak Andi Sidomulyo untuk menghadirkan latihan berkuda di Sherena Stable.  

Sebagaimana beliau memaparkan kembali “Diceritakan dalam sebuah kisah bahwa kepandaian memanah adalah kunci kemenangan pasukan yang dipimpin oleh Sultan Muhammad Al-Fatih saat berjuang merebut Konstatinopel pada abad ke-14. Pasukan Alfatih terlebih dahulu berenang mengarungi Selat Bosphorus, kemudian berkuda sembari melepaskan ribuan anak panah untuk mengobrak-abrik pasukan musuh. Hingga akhirnya, mereka berhasil merebut kemenangan”. 

Kemenangan demi kemenangan di Abad sebelumnya diraih dengan kepiawaian, berkuda, memanah dan berenang.  Termasuk juga berkuda sebagai transportasi yang diandalkan di zamannya, sangat kontras dengan zaman sekarang dimana alat transportasi diganti dengan alat-alat dari kecanggihan teknologi.  

Kuda-kuda yang ada di Sherena Stable bukan hanya dijadikan sebagai latihan dan rekreasi bagi masyarakat melainkan juga sering mengikuti event-event tingkat nasional maupun internasional.


Seperti tahun lalu Sherena Stable mengutus 4 orang Rider berkuda pada ajang lomba Asia Friendly Endurandce Ride, dimana dalam even tersebut diikuti 10 negara.  Event ini sangat populer karena  sangat beresiko karna menguji kemampuan berkuda dengan Jarak tempuh  40 sampai 300 Kilometer. 

Tercatat Sherena Stable sudah mengantongi juara satu dan juara dua pada lomba berkuda tingkat Asia.  Sementara untuk lomba tingkat nasional sudah sering menjadi juara.

Pengelola dan Pelatih kuda, Bapak Ahmad mengatakan bahwa kuda-kuda di Sherena Stable terutama kuda-kuda yang dipakai untuk perlombaan kelas berat atau kelas tinggi itu kebanyakan dipakai kuda dari Australia.  Dan ada juga beberapa kuda di Sherena Stable yang peranakan Australia, induknya dari luar tapi beranak di Indonesia.  Kemudian ada juga kuda asli Indonesia yang didatangkan dari Sumatra Barat.

Sayangnya untuk latihan berkuda reguler masih dibatasi, baru diperuntukkan bagi para calon atlit dan para atlit utusan Rokan Hulu maupun para anggota keluarga Sherena Stable.  Pernah ada wacana untuk membuka latihan reguler untuk masyarakat umum, dan kala itu masyarakat banyak yang mendaftar hingga membludak sehingga fasilitas dan pelatih yang tersedia tidak mencukupi untuk rider sebanyak itu,  sehingga latihan reguler dibatasi untuk rider-rider tertentu.

Manfaat Berkuda sangat banyak, disamping sunnah rasul,  latihan berkuda dapat mengendalikan emosi dan mengajarkan kesabaran, dimana penunggang kuda harus bersikap tenang dan sabar tatkala sedang menunggang kuda, sebab kuda dapat merasakan emosi dari   penunggangnya.  

Kuda-kuda di Sherena Stable dirawat dengan telaten oleh pengelola.  Mulai dari stretching, grooming, memberi pakan setiap hari, memandikan kuda serta memberi berbagai vitamin.

Pengakuan salah satu pengujung “Kami sudah beberapa kali datang kesini, yang menarik dari wisata ini yaitu alamnya yang Indah, Aman, pengelolanya ramah-ramah, untuk tempat bermain anak-anak bisa belajar seperti menunggang kuda melihat binatang-binatang yang ada di sekitar, merasa di sini itu menjadi lebih  nyaman,  udaranya pun lebih segar” tutur ibu Suryani yang membawa anak-anaknya berkunjung ke Wisata Sherena Stable


Penulis : Arnita Adam

2 komentar untuk " Sensasi Menunggang Kuda di Wisata Alam Sherena Stable Rokan Hulu"

  1. Rohul dimana nya min,,kami ingin berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan hubungi pelatihnya langsung yah, Ahnad Dwi Herman. +62 822-8349-4986

      Hapus
Kami menerima Kiriman Tulisan dari pembaca, Kirim naskah ke email redaksi lenggokmedia@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik atau Klik link https://wa.me/+6282388859812 untuk langsung terhubung ke Whatsapp Kami.